googlesyndication.com

0 Comment
Pekalongan News
Kepedulian Pemkab Batang, Polres Batang, Kodim 0736 Batang bersama warga antusias melaksanakan gotong royong bersama warga masyarakat membersihkan enceng gondok yang telah menutup alur Sungai Gabus 
Kabupaten Batang 
Kepedulian Pemkab Batang, Polres Batang, Kodim 0736 Batang bersama warga antusias melaksanakan gotong royong bersama warga masyarakat membersihkan enceng gondok yang telah menutup alur Sungai Gabus sepanjang 1,5 km di Desa Denasri Kulon Kecamatan Batang, Senin (30/1). 

Dalam kesempatan tersebut Bupati Wihaji mengatakan, kegiatan kerja bakti diinisiasi oleh warga dan Pemerintah Kecamatan Batang, menjadi bentuk perhatian pemerintah daerah terhadap kerusakan lingkungan dalam hal ini adalah enceng gondok yang dapat mengakibatkan banjir dan juga rob. 
“Minimal ada usaha untuk mengatasi masalah ini walaupun belum secara komprehensif (menyeluruh), yang terpenting ada usaha bersama untuk mengatasi dan normalisasi aliran sungai gabus untuk mengaliri lahan pertanian," ucap Wihaji.
Aksi ini juga sebagai jawaban atas kegelisahan warga Denasari kulon karena selama ini ratusan lahan pertanaian mereka tidak bisa ditanami, karena tersumbatnya aliran sungai yang tidak mengalir dan juga rob. Kami juga berharap dengan diadakan kerja bakti ini warga tergerak untuk menjaga kebersihan lingkungan dan tidak membuang sampah sembarangan. 
“Kami minta bantuan dari Pengelolaan Sumber Daya Air (PSDA) Provinsi untuk membantu normalisasi sungai gabus, karena sungai tersebut masuk wilayahnya irigasi provinsi. Tentu dengan kajian yang matang jangan sampai setelah aliran mengalir malah berbalik arah,” tandasnya
Ia juga mengatakan, enceng gondok bisa dimanfaatkan menjadi berbagai macam kerajinan untuk meningkatkan pendapatan masyarakat. Masyarakat harus tergerak untuk kreatif dan inovatif memaksimalkan potensi enceng gondok untuk di jadikan kerajinan.
“ Kalau masyarakat tergerak, kedepan Pemkab akan mengadakan pelatihan untuk memaksimalkan potensi enceng gondok sebagai peningkatan ekonomi kreatif,” kata wihaji

Post a Comment

 
Top