0 Comment
Pencegahan dan Penanggulangan penyakit lansia menjadi tema khusus dalam kegiatan sosialisasi terhadap para lansia yang dilakukan oleh Dinas Sosial Pengendalian dan Keluarga berencana (Dinsos P2KB) Kota Pekalongan untuk menyambut peringantan Hari Lansia tanggal 29 Mei kedepan.

Kepala Dinsos P2KB Kota Pekalongan, Gunindyo mengatakan, sosialisasi akan memberikan pengetahuan baru kepada petugas kesehatan yang menangani para lansia termasuk juga akan membangun kesadaran para kader lansia dalam menularkan pengetahuan yang didapat kepada para lansia lainya.
"Para lansia ini memerlukan perhatian khusus dan akan memerlukan penanganan yang khusus pula bila sudah terkena penyakit lansia sehingga perlu adanya pencegahan dan penanggulangan sebelumnya," ucapnya saat memberikan kata pengantar, Selasa (16/5/17).
Gunindyo menyebut, persoalan lansia pada umumnya memiliki kondisi fisik yang melemah dan kesehatanya seringkali menurun. Untuk itu kegiatan sosialisasi menjadi hal penting bagi unsur yang terlibat.

Selain itu, sambung Gunindyo, kegiatan sosialisasi juga bisa menjadi sarana berkomunikasi dan bersilaturahmi antara petugas pengelola Posyandu Lansia, Kader Posyandu Lansia dan anggota Komisi Daerah Lanjut Usia (Komda) Kota Pekalongan.

Kegiatan yang digelar di Aula Kantor PKK di Jalan Bahagia tersebut menghadirkan narasumber dari RSUD Kraton, Psikolog dari Akademi Harapan Ibu Kota Pekalongan.

Acara juga dihadiri Walikota Pekalongan Alf Arslan Djunaid, Wakil Walikota Saelany Mafudz, Kepala Dinas Kesehatan Kota Pekalongan Slamet Budiyanto dan seluruh petugas pengelola Posyandu Lansia di Puskesmas, Kader Posyandu Lansia dan lansia yang tergabung dalam Komda Kota Pekalongan.

Walikota Pekalongan yang diawal membuka acara menyampaikan, materi yang disampaikan para narasumber idealnya menjadi bahan untuk mengimplementasikan pengetahuan yang didapat dalam kehidupan sehari-hari dalam menangani para lansia maupun para lansia itu sendiri.
"Saya sangat berharap semua yang didapat bisa diterapkan oleh para petugas pengelola Posyandu Lansia, Kader Posyandu Lansia, maupaun anggota Komda bagaimana cara berperilaku sehat dan tetap sehat di usia yang sudah lanjut," tandasnya.

Post a Comment Blogger

 
Top