0 Comment
Memperingati HUT Gemalawa ke 25, Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) dari Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pekalongan melalui kelompok pecinta alam kampus 'Gemalawa' atau Greget Pecinta Alam Walisongo menggelar pelatihan olagraga ekstrim Wall Climbing tingkat dasar bagi pelajar dan umum, Kamis (12/1/17) di lokasi pelatihan Wall Climbing kampus setempat.

Pelatihan Wall Climbing atau Panjat Dinding selama dua hari tersebut juga didukung oleh perkumpulan pegiat panjat tebing yang tergabung dalam Pekalongan Wall Climbing Expedition (PCE).

Sebelum pemberian materi simulasi lapangan atau praktik teknik di Wall Climbing yang sesungguhnya, pihak penyelenggara terlebih dahulu memberikan workshop di ruangan.

Muslikhul, Ketua PCE sekaligus instruktur dan pelatih mengatakan, masyarakat selama ini memandang panjat tebing merupakan olahraga ekstrim yang menakutkan dan sulit dilakukan. Sehingga dalam perkembanganya jarang ada yang meminati apalgi menekuni.

Namun kali ini, kata Muslikhul, pihaknya akan memberikan pelatihan yang menyenangkan dan mudah untuk dilakukan, sehingga stigma sebagai olagraga yang menakutkan akan lenyap serta bisa menjadi olahraga ekstrim yang nantinya akan lebih banyak peminatnya.
"Sebelum memulai, kami paparkan sejarah dan mengenalkan peralatan yang mendukung kegiatan panjat tebing agar peserta memahami sejarah dan fungsi alat yang akan dipakai," ucapnya.
Untuk materi sendiri menurut Muslikhul, terdiri dari teori dan praktik sekaligus juga kami dukung dengan peralatan yang cukup sehingga dalam pelaksanaanya akan lebih mudah.

Selain itu dalam mengkombinasikan teori dan praktik, kata Muslikhul, peseta akan didampingi para pelatih yang cukup berpengalaman.
"Dari segi peralatan sendiri sangat safety sehingga aman dan kesan takut yang akan dihadapi peserta akan berubah jadi menyenangkan," ujar Muslikhul.
Di tempat yang sama, Faisal Amsani, Koordinator Rock Climbing Gemalawa menyebut, peringatan HUT Gemalawa ke 25 tidak saja diisi dengan pelatihan kepada pelajar dan umum, namun pihak UKM juga melakukan bhakti sosial termasuk pentas seni dalam puncak acara nanti.

Post a Comment Blogger

 
Top