3 Comment
Sejarah Jeep Wrangler Sang Off Road Sejati
Jeep Wrangler

Jeep Wrangler pertama kali keluar di tahun 1987 yang diproduksi pertama kali oleh American Motors, Lalu pada tahun 1987 hingga 1998 dirilis oleh Chrysler. Kemudian di tahun 1998 hingga tahun 2007 keluar dari pabrik Daimler Chrysler, Sedangkan sejak tahun 2007, Wrangler keluar dari pabrik Chrysler LLC.

Wrangler merupakan suksesor dari Jeep CJ. Wrangler dikenal dengan sebutan Jeep YJ, Jeep TJ dan Jeep JK. Dari tahun 1987 hingga tahun 1992, Wrangler YJ dibuat di Brampton,
Ontario, Kanada. Sedangkan saat ini, Wrangler yang ada diproduksi di Toledo, Ohio. Di Kanada, nama Wrangler tak pernah ada pada pasar Jeep, sebab nama itu sudah dipakai oleh pick-up buatan Chevrolet. 

Dengan begitu Wrangler dikeluarkan dengan model YJ yang diserap pasar sejak tahun 1987 hingga tahun 1995, Tahun 1997 hingga tahun 2006 kemudian muncul model TJ, Dua model ini sangat populer di kalangan pecinta kegiatan off-road, Model YJ yang dilepas di tahun 1987 itu, diproduksi untuk menggantikan model Jeep CJ. Meskipun sebenarnya CJ sangat dipuja-puja oleh orang, tapi grafik penjualannya merangkak sangat pelan. Model YJ memiliki sumbu roda yang lebih lebar ketimbang model CJ. YJ masih mempertahankan pemakaian per daun seperti pada CJ. Hanya saja per daun YJ lebih lebar, juga penambahan trackbars dan swaybars membuat pengendalian mobil ini jauh lebih mudah.
Model YJ gampang dikenal dengan lampunya berbentuk persegi panjang, sedangkan CJ membulat. Sedangkan bagian-bagian lainnya tidak ada yang berbeda dengan model CJ. Oleh karena itu pemilik CJ biasanya kemudian mengubah penampilan CJ-nya menjadi YJ. Mesin yang dipakai oleh model YJ ini terus menerus mengalami evolusi. Model YJ biasanya memakai mesin 2.5 L AMC 150 I4. Atau bisa juga dengan pilihan mesin 4.2 L AMC 258 I6. Kedua mesin ini dipakai hingga tahun 1991. Hadir pula mesin-mesin lainnya yang membuat model YJ kian populer. Seperti mesin 180 daya kuda (134 kW) 4.0 L AMC 242 variant yang menggantikan kekuatan 112 daya kuda (84 kW) 4.2 L straight-6. Tahun 1992 diperkenalkan pemakaian sangkar bulat yang memungkinkan melekatnya shoulder belts. Disusul dengan anti-lock breaks, transmisi otomatis dan lampu stop. Dari tahun 1991 hingga tahun 1996 .

Model TJ hadir pada sekitar tahun 1996 dengan mesin sama persis dengan mesin Cherokee dan Grand Cherokee. Yakini mesin 4.0 L AMC Straight-6. Di tahun 1999, model TJ mengalami perubahan mendasar. Seperti kapasitas tangki bahan bakar yang lebih besar, penyediaan kursi untuk anak-anak, sistem stereo yang lebih bagus, konsol baru, steering wheel dan dashboard yang lebih baik lagi. Model TJ kemudian memperkenalkan jenis Rubicon –yang diambil dari jalur bernama Rubicon di pegunungan Sierra Nevada. TJ Rubicon ini  diperkenalkan di tahun 2003 dengan penambahan Dana 44 axles di depan dan di belakang, transfer case4:1 low range NV241OR – digantikan dengan NV3500 transmisi 5 kecepatan manual di tahun 2004, di tahun 2005.

Post a Comment Blogger

  1. mantap jadi inget jaman dulu saya pernah pake jeep wrangler tipe tj jadi pingin nostalgia lgi

    ReplyDelete
  2. keren jeep wrangler untuk ogg road pasti mengasyikkan .....

    ReplyDelete
  3. Regardless of whether this relationship does not work out fortunately most utilized Jeeps (particularly the Wrangler and the other Jeep 4x4's) will in general hold their separate qualities well inside the utilized commercial center.
    used car dealerships near me

    ReplyDelete

 
Top