0 Comment
Sekjen Kemendes, Buka Festival BUMDes Di Batang
Anwar Sanusi membuka Festival BUMDes yang pertama di Kabupaten Batang
Kabupaten Batang
Sekretaris Jendral (Sekjend) Mentri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi, Anwar Sanusi menyebut, Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) akan menjadi pilar utama bagi usaha-usaha ditingkat Desa.
"Nantinya dengan adanya BUMDes, kesejahteraan dan kemandirian bagi Desa bisa terwujud. Termasuk akan saling melengkapi antara Koperasi BUMDes," ucap Anwar saat membuka Festival BUMDes di Aula Kantor Bupati Batang, Rabu (7/12/16).
Prinsip BUMDes, kata Anwar, tidak akan menjadi pesaing dari usaha yang lebih dulu ada di masyarakat, apalagi jadi predator usaha sejenis.
Lebih jauh Anwar menjelaskan, adanya keterkaitan kuat antara BUMDes dengan Sumber Daya Manusia (SDM), karena sesuatu yang baru pasti membutuhkan persiapan SDM untuk bisa mengelola keuangan, pengembangan usaha dan mengkomunikasikan BUMDes ke perbagai pihak.
Anwar Sanusi juga mengatakan persoalan yang ada di BUM Desa yang menjadi salah satu aspek adalah sumber Daya Manusia, karena sesuatu yang baru, harus ada persiapan SDM dalam pengelolaan baik untuk mengelola keuangan, pengembangan usah dan juga memberikan komunikasi dengan masyrakat desa dan stokholder usaha lainya yang ada di desa.
"Sebagai stimulan maka BUMDes akan kita bantu Rp 50 juta agar tiap Desa punya semangat untuk mengembangkan usaha melalui BUMDes," ungkapnya.
Untuk itu, sambung Anwar, pengelolaan BUMDes membutuhkan kreatifitas yang tinggi agar BUMDes bisa bermanfaat untuk kesejahteraan Desa.

Post a Comment Blogger

 
Top