googlesyndication.com

1 Comment
Terimbas Proyek Jalan Tol, 760 Warga Krengseng Batang Minta Relokasi
ilustrasi peta jalan tol Batang-Semarang



Kabupaten Batang
Sebanyak 760 warga Dukuh Krengseng, Desa Rowobelang, Kecamatan Batang, Kabupaten Batang meminta kepada pemerintah daerah untuk segera merelokasi mereka ke tempat yang baru. Permintaan relokasi disampaikan selain tidak menolak adanya pembangunan jalan tol di Batang juga pengajuan proposal permintaan relokasi sudah diterima oleh Pemda.

Adanya permintaan proposal dari warga Dukuh Krengseng dibenarkan oleh Kepala Bagian (Kabag) Tata Pemerintahan, Kabupaten Batang, Ulul Azmi yang menyampaikan seluruh warga minta adanya relokasi di tempat yang tidak terlalu jauh dari tinggal mereka.

"Saya sudah menerima proposal tersebut, semuanya ada 760 warga atau 112 Kepala Keluarga (KK) yang meminta lokasi tanah milik Propinsi," aku Ulul Azmi, Jum'at (22/7/16).
Kendati demikian menurut Dia, Pemerintah Propinsi setuju atau tidak pihaknya belum tahu. Sampai saat ini pihaknya masih melakukan koordinasi untuk menentukan langkah yang tepat.
"Lahan yang diinginkan warga ada di sebelah timur Dukuh Krengseng, alasan warga lokasi tersebut tidak terlalu jauh dari tempat semula," ungkap Dia.
Sementara itu Kepala Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kabupaten Batang, Abdul Aziz mengatakan, dalam waktu dekat akan menjadwalkan adanya pembayaran ganti untung bagi warga Desa Rowobelang yang terkena imbas proyek jalan tol.
"Dalam dua minggu ini pembayaran ganti untung sudah siap, karena memang sudah dijadwalkan," ucap Abdul Aziz.
Nantinya, pembayaran ganti untung akan dilakukan oleh Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Jalan Tol Pemalang-Batang sambil menunggu hasil laporan penghitungan tim appraisal.
"Nilai ganti untungnya saya belum tahu, karena juga kami masih menunggu surat hasil penghitungan dari tim appraisal," aku Dia.
Namun diungkapkan oleh abdul Aziz, angka yang diberikan kepada warga jauh lebih tinggi dibanding Nilai Objek Pajak (NJOP) yang berlaku.
"Penetapan hasil penghitungan lebih tinggi tersebut didapat bedasarkan 32 item seperti harga kumulatif dari pajak, NJOP dan lainya jadi nilai ganti untungnya berkali lipat dari NJOP tanah Desa Rowobelang," beber Abdul Aziz.

Post a Comment

 
Top