googlesyndication.com

0 Comment
Kraton Surakarta Hadiningrat Beri Gelar Bangsawan Kepada Sejumlah Tokoh
Walikota Tegal Siti Masitha Soeparno menerima sertifikat gelar kebangsawanan dari Kraton Surakarta Hadiningrat
Kota Surakarta

Sejumlah tokoh dan pemimpin daerah di luar lingkungan Kraton surakarta Hadiningrat diberi penghargaan gelar kebangsawanan yang nantinya akan terctat sebagai kerabat Kraton surakarta Hadiningrat, Minggu (2/5/16).

Dari sejumlah tokoh tersebut, muncul nama Walikota Tegal, Walikota Bau-bau, Bupati Kepulauan Talaud, Bupati Tarutung, Ketua DPRD Pemalang dan Walikota Tegal. Beberapa lainya dari kalangan tokoh masyarakat, abdi dalem dan beberapa tokoh Asean serta Eropa.
“Gelar yang diberikan adalah Gelar Budaya, bagi penerima gelar seterusnya tercatat sebagai kerabat Karaton Solo. Dengan gelar ini menjadi amanah untuk meningkatkan peran serta dalam menjaga amanah tersebut dimanapun berada,” pinta GKR Kusumurtiah Wandansari, Pengageng Sasana Wilapa Kraton Surakarta Hadiningrat atau Sekretaris Kraton surakarta.
Menurut GKR Kusumurtiah, pemberian gelar tersebut dalam rangka memperi ngati hari besar Raja Kraton Solo Jumenengan ISKS Paku Buwono XIII yang bertepatan hari Minggu, 1 Mei 2016.
"Prosesi diawali lampah atau cara berjalan untuk mendapatkan sertfikat gelar kebangsawanan secara simbolis," terangnya.
Salah satu nama yang diberikan gelar kehormatan adalah Walikota Tegal Siti Masitha Soparno yang sekarang bergelar Kanjeng Mas Tumenggung (KMT) seperti yang tertera di dalam sertifikat gelar.

Menurut KMT Siti Masitha Soeparno, Pihaknya merasa bangga dan berupaya untuk selalu nguri-uri budaya Jawa Tengah sebagai kelangsungan amanah yang sudah diterima.
"Dimanapun berada, kita siap untuk nguri-uri budaya dengan melestarikan dan mengembangkan budaya khususnya Jawa," ucap Walikota.
Diketahui, prosesi acara wisuda penyematan gelar dipimpin oleh Kanjeng Pangeran Haryo (KPH) Kusumo Sangkoyo, Pengageng Kantor Karti projo Kraton Surakarta Hadiningrat di Sasana Wilapa Kraton Surakarta.

Post a Comment

 
Top