0 Comment
BPBD Beri Pelatihan Bencana  Air
BPBD Butuh peralatan tambahan untuk kesiapan menaggulangi bencana
Kota Pekalongan
Sebanyak 60 an orang yang terdiri dari TNI, Polri, Satpol PP dan relawan mengikuti program pelatihan bencana air, selama tiga hari yang dimulai, Senin (23/2/15) hingga berakhir hari ini, Kamis (26/2/15). Mereka semua dibekali pengetahuan dan teknik penyelamatan dalam air. 

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Pekalongan, Suseno mengatakan, pemberian materi pengetahuan teknik penyelamatan dalam bencana air melibatkan para instruktur dari TNI angkatan laut.

" sebagai kota yang berpotensi terkena dampak banjir, Pekalongan memerlukan tim yang handal dalam menangani bencana air terutama banjir." ujarnya.

Suseno mengatakan, sebelumnya dalam setiap penanggulangan bencana yang ada di Kota Pekalongan selalu terbentur dalam koordinasi yang masih lemah, 

" dalam hal ini BPBD selaku lembaga yang mengatur koordinasi dalam suatu bencana bekerja sama dengan Dan Lanal Letkol laut Isswarto yang sudah berpengalaman bahkan sampai Amerika untuk melakukan standarisasi teknik penyelamatan yang lebih baik." terangnya.

Dijelaskan suseno, kedepan BPBD Kota Pekalongan akan melengkapi diri dengan berbagai peralatan baru seperti mobil dapur umum yang bisa bergerak menjangkau lokasi bencana juga akan memba ngun dapur umum yang terpusat di kantor BPBD. Selanjutnya menurut Suseno, BPBD juga akan menambah mobil evakuasi dan perahu yang dioperasikan sendiri tanpa meminjam dari intansi lain.

" yang terpenting adalah menyiapakan tenaga SDM handal terlebih dahulu." ucapnya.

Di luar itu Suseno mengeluhkan banyak peralatan vital yang ada di Kota Pekalongan yang kurang layak untuk menyiasati pesatnya pertumbuhan bangunan bertingkat yang akhir-akhir ini banyak bermunculan.

" kita seharusnya mempunyai mobil pemadam kebakaran yang spesifikasinya mampu menangani kebakaran gedung bertingkat, mobil pemadam yang sekarang merupakan spesifikasi standar sehingga tidak bisa digunakan untuk gedung yang mempunyai ketinggian yang lebih." ungkapnya. 

Post a Comment Blogger

 
Top