googlesyndication.com

0 Comment
Relevankah Kalau Kita Masih Gaptek Sekarang Ini
jalur data internet
Apakah anda tergolong gaptek alias gagap teknologi, kalau tidak bersyukurlah karena di era serba berhubungan dengan dunia maya sekarang ini penguasaan akan teknologi informasi sungguh menjadi sesuatu hal yang jamak walaupun kenyataanya masih banyak orang yang belum mau melek teknologi.

Istilah gaptek mulai sering dipakai seiring maraknya penggunaan gadget atau perangkat elektronik moderen, lebih-lebih yang bisa terkoneksi dengan internet dan kemudahan akses kesegala fasilitas yang ada didalamnya.

Yang menarik kalangan yang seharusnya tidak boleh gaptek, semisal tenaga pengajar atau guru angka gapteknya masih lumayan tinggi, fakta di lapangan menemukan banyak guru yang belum akrab dengan komputer lebih-lebih internet, malah menurut suatu sumber angkanya lebih dari 70 persen di seluruh Indonesia.

Padahal tenaga pengajar adalah faktor penting bagi masa depan anak-anak didik, guru yang tidak bisa memanfaatkan dalam pembelajaran  tentu patut kita sayangkan, banyak pengetahuan dan informasi yang ia lewatkan. Ia juga akhirnya tidak dapat mengarahkan pemanfaatanya di kalangan anak didik  untuk hal yang positif dan edukatif.

Menurut  Global Telekomunications Union (ITU) populasi pengguna internet dunia di penghujung 2014 diperkirakan menembus angka 3 miliar. Dua pertiganya berasal dari negara berkembang seperti indonesia, JIka dari angka 3 miliar itu aktif menggunakan internet online secara bersamaan, anka tersebut setara 40 % populasi di dunia.

Rata-rata pengguna internet didominasi oleh remaja usia 15 sampai 19 tahun. Aktivitas terfavorit saat ini adalah mengunjungi sosial media selain mengunggah foto selfie yang menjadi kegiatan terfavorit. Tercatat hanya 26 % yang menggunakan fasilitas mesin pencari google untuk kegiatan yang berhubungan dengan tugas, selebihnya hanya untuk menonton vidio, musik dan film.

Di Indonesia pengguna internet mencapai 82 juta orang lebih atau peringkat 8 dunia, pengguna remaja menjadi yang tertinggi mencapai 80 %. Belum ada penelitian secara spesifik yang mengungkap kebiasaan pengguna internet pada remaja yang benar-benar memanfaatkan untuk edukasi, internet masih dipandang sebagai hiburan alternatif dikala senggang. Menariknya pengguna media sosial orang indonesia merupakan yang tertinggi nomor empat dunia.

Internet di tangan yang benar dapat menjadi sumber ilmu yang paling komplit dan bermanfaat, selebihnya faktor manusia yang memegang peranan penting dan istilah gaptek tetap akan mengikuti dan melekat pada seseorang ketika ia bersosial tidak mampu merubah diri menjadi melek teknologi.

Post a Comment

 
Top