googlesyndication.com

0 Comment



Kabupaten Pekalongan-(4/12). 
Kodim 0710/Pekalongan bekerja sama dengan dinas lingkungan hidup melaksanakan penanaman pohon di daerah kaligawe kecamatan karang dadap kab pekalongan, kegiatan ini dalam rangka memperingati Hari Juang Kartika tahun 2014.
Dalam amanat Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan yang dibacakan oleh Kasdim 0710/Pekalongan Mayor Inf Sasono Haryadi kegiatan ini bertujuan untuk lebih meningkatkan semangat, motivasi dan membudayakan seluruh masyarakat indonesia untuk menanamkan dan memelihara pohon dalam rangka membangun ekosistem hutan melalui rehabilitasi dan lahan di seluruh Indonesia. Tema hari menanam Pohon Indonesia dan Bulan menanam Nasional tahun 2014 adalah 
"HUTAN LESTARI UNTUK MENDUKUNG KEDAULATAN PANGAN, AIR DAN ENERGI TERBARUKAN", 
Tema ini dimaksudkan untuk mendorong masyarakat ikut membangun ekosistem hutan yang akan meningkatkan kualitas lingkungan hidup yang lebih baik sekaligus menyediakan bahan baku bagi industri kehutanan dan menyerap karbon dioksida di udara dalam rangka ikut berkontribusi dalam mitigasi perubahan iklim.

Dengan semangat gotong royong tersebut maka gerakan penanaman pohon dalam rangka membangun ekosistem hutan dapat dilakukan melalui Wana Tani (Agroforestry), Wana Ternak (Silvopasture), dan Wana Mina (Silvofishery) guna mensukseskan kedaulatan pangan dan kemandirian ekonomi.
Mayor Inf Sasono Haryadi menuturkan  " Ekosistem hutan yang baik dari hasil gerakan penanaman pohon, akan berperan sebagai pengatur tata air yang menjamin kuantitas, kualitas dan kontinyuitas aliran sungai sebagai sumber air untuk lahan pertanian atau air minum bagi masyarakat luas, mari kita tanam tanaman sebanyak mungkin karena saat ini iklim di dunia sudah mulai tidak teratur, lapisan ozon sudah tipis. Saya sangat berharap bagi masyarakat mau menanam dan menjaga serta melestarikan pohon yang kita tanam ini. Kasihan anak cucu kita yang menanggung semua ini."
Pohon yang ditanam pohon sengon, pete, mangga, jati putih , rambutan, durian. Acara penanaman pohon dipusatkan didaerah kaligawe kecamatan karangdadap kab pekalongan dan dihadiri oleh Ketua DKPP, Muspida Kabupaten pekalongan, Camat Karangdadap, Muspika, Pabung Kodim 0710/Pekalongan, tokoh masyarakat dan tokoh agama. Para peserta yang mengikuti acara penanaman pohon antara lain 1 SST Kodim 0710/Pekalongan, 1 SST Perhutani, pelajar pramuka dan masyarakat.

Post a Comment

 
Top