googlesyndication.com

0 Comment
Kota Pekalongan-

Sejak ditetapkan pada tahun 2013 yang lalu, capaian implementasi perda Kota Pekalongan no 15 tahun 2013 tentang pemberian ASI eksklusif hingga September tahun ini baru mencapai 64%, padahal, target dari pemerintah Kota sendiri adalah 80%. Oleh karena itu pemerintah kembali melakukan sosialisasi perda no 15 tahun 2013 tentang pemberian ASI Eksklusif tersebut kepada stakeholder di Ruang Sidang DPRD, Kamis (30/10/14).
Hal tersebut diungkapkan oleh asisten II Sekda Kota Pekalongan, Sri Wahyuni mengatakan bahwa target capaian untuk implementasi perda no 15 tahun 2013 tentang ASI eksklusiff adalah 80%, namun hingga September tahun 2014 baru mencapai 64%.

"Memang capaian implementasi perda baru mencapai 64%, namun tujuan akhir dari perda ini bukan semata-mata mencapai target saja, namun lebih untuk meningkatkan derajat kesehatan masyrakat terutama ibu dan bayi, serta untuk menghasilkan generasi sehat dan berkualitas,"ucapnya.
Untuk itu, lanjut Sri Wahyuni, Pemkot kembali mengadakan sosialisasi kepada stakeholder yang terdiri dari tokoh masyarakat, tokoh agama, bidan, dokter, kader PKK dan lurah dengan langsung menghadirkan ahli dari provinsi.
"Harapannya dengan adanya sosialisasi ini, masyarakat terutama ibu-ibu yang hamil atau yang baru melahirkan bisa lebih memahami betapa pentingnya ASI bagi tumbuh kembang bayi dan sistem imun tubuhnya,"lanjutnya.

Dijelaskan, bahwa bayi dalam usia 0-6 bulan tidak tidak boleh diberi makanan tambahan selain asi, selain itu bagi bayi yang baru lahir dianjurkan untuk dilakukan inisiasi Asi, yaitu meletakkan bayi di dada sang ibu, dan membiarkannya mencari puting ibunya sendiri. Air susu yang pertama kali kelur itulah yang sangat baik bagi tumbuh kembang bayi, terutama untuk sistem kekebalan tubuh atau imunitas.
"Semoga dengan semakin digalakkan sosialisasi ini maka tingkat implementasi ASI eksklusif bisa meningkat sehingga kedepan generasi-generasi yang terbentuk di Kota Pekalongan adalah generasi cerdas dan berkualitas,"pungkasnya.

Post a Comment

 
Top