googlesyndication.com

0 Comment
Kota Pekalongan-

Bedasarkan definisi pesisir menurut PP Kementrian Kelautan dan Perikanan no.10/MenKP/2002, Pesisir merupakan wilayah peralihan antara ekosistem laut dan ekosistem daratan yang saling berinte raksi.Dalam kontek budaya pesisiran, masyarakat pesisir bisa di definisikan sebagai masyarakat yang bertempat tinggal dan beraktifitas sosial-ekonomi yang terkait dengan sumber daya pesisir dan lautan.
Adanya kekhususan dan kekhasan tersebut maka kemudian lahirlah budaya yang disebut dengan bu daya pesisir. Hal tersebut di jelaskan Dra.Sri Hartini M.Si Direktur Balai Pelestarian Nilai Budaya (BPNP) Bidang Pembinaan Kepercayaan Terhadap Tuhan YME dan Tradisi dalam kegiatan lomba dayung antar kelompok nelayan di sungai Ampil Gading Slamaran Kota Pekalongan Sabtu (11/10/14) dalam salah satu rangkaian Gelar Tradisi Masyarakat Pesisir2014.

Sri mengatakan, dalam budaya pesisir terkandung nilai-nilai kearifan lokal, sementara kearifan lokal sarat akan tradisi-tradisi yang biasanya rawan terjadi kehilangan penutur dan pelestari kelak di kemu dian hari, untuk itulah BPNP amat berkepentangan terhadap revitalisasi terutama inventarisasi bentuk
tradisi yang ada di masyarakat.
" di kementrian saat ini baru tercatat 4165 dari puluhan ribu potensi yang ada di indonesia berkaitan pelaku pelestari tradisi kebudayaan yang memuat kearifan lokal, tradisi-tradisi yang masih di jalani masyarakat." terang Sri.

Sadranan bagi masyarakat pesisir Pekalongan merupakan salah satu unkapan rasa syukur atas hasil laut yang mereka peroleh yang merupakan bagian dari tradisi turun temurun yang masih di lakukan hingga sekarang.

''sadranan  di Pekalongan masuk dalam katagori konsisten dalam hal upaya merevitalisasi budaya dengan cara  penggabungan  tradisi lokal dengan modernuntuk sekedar bertahan dan di minati gene rasi selanjutnya,''imbuhnya.

Dijelaskan Sri, misi dari kegiatan yang di selenggarakan Dishubparbud,BPNP dan kantor kementrian Pendidikan dan kebudayaan adalah.-meningkatkan pemahaman dalam melestarikan nilai-nilai sejarah dan budaya.


..


Post a Comment

 
Top