0 Comment
lomba dayung perahu naga
Kota Pekalongan- 
Ratusan penonton menyaksikan lomba dayung tradisional perahu naga yang di adakan di sungai Ampil Gading, Slamaran Krapyak Lor Pekalongan Utara Minggu (11/10/14) dalam rangka memeriahkan Pekan Batik Nusantara (PBN) tahun 2014 yang berbarengan dengan kegiatan Gelar Tradisi Masyarakat Pesisir hasil dari kerja sama dengan Direktorat Jendral kebudayaan Republik Indonesia dan Balai Pelestari an Nilai Budaya (BPNB).

Menurut ketua Panitia lomba, Mashudi, para peserta total berjumlah 34 tim yang di bagi dengan dua katagori, dewasa dan anak-anak. Dari 34 tim peserta, 5 tim dari Kota Pekalongan, 15 tim dari Kabupaten Pekalongan dan 14 tim dari Kabupaten Batang. Sedangkan setiap perahu terdiri 12 kru termasuk juru mudi. Adapun jarak tempuh katagori dewasa sepanjang 250 meter dan anak-anak 150 meter.

Mashudi juga mengatakan untuk katagori anak-anak dari 12 orang peserta hanya di ikuti 4 tim yang masing-masing tim berjumlah 3 anak dengan rentang usia 12-15 ta hun dengan menggunakan perahu yang lebih kecil, semua peserta berasal dari Kota Pekalongan.

'' peserta terbanyak dari lomba dayung ini dari luar Kota Pekalongan, Karena peserta yang kebetulan para nelayan muda rata-rata masih melaut, juga kebetulan Kota Peka longan tidak memiliki fasilitas berupa perahu naga jadi masih pinjam alat di Kabupaten Batang.'' ungkap Mashudi.

Mashudi mengimbuh, '' Lomba dayung ini sudah di selenggarakan enam kali perhela tan yang disamping untuk menjaga tradisi di rangkaian kegiatan sadranan sedekah laut juga untuk mencari bibit atlit dayung yang sebelumnya Kota Pekalogan pernah memiliki tim atlit dayung namun vakum dan akhirnya bubar karena ketiadaan fasilitas dan tiadanya pembinaan yang berkelanjutan.'' beber Marshudi.

Lomba dayung berlangsung sejak sabtu kemarin dan di jadwalkan hari ini sudah bisa di ketahui pemenangnya, ketika berita ini di tulis dilokasi lomba masih berlangsung babak penyisihan yang terkhir dan soreini juga akan di gelar final untuk penentuan juaranya.



Post a Comment Blogger

 
Top