0 Comment

Financial freedom atau kebebasan finansial adalah suatu kondisi dimana tabungan cukup banyak untuk memenuhi kebutuhan dan gaya hidup seseorang, kebebasan finansial tidak tergantung pada status melainkan pada kemauan dan ketrampilan untuk mengolah sumber dayanya. Seseorang karyawan atau bahkan pelajar sekalipun, bisa mencapai kebebasan finansial asal ada kemauan dan berusaha untuk menampilkan potensi yang ada dalam dirinya.

Kebebasan finansial menurut pakar Finansial adalah kondisi seseorang saat tidak lagi wajib bekerja demi uang, tapi istilahnya uang yang bekerja untuk mereka.

pertanyaannya adalah apakah kita mungkin kita yang masih muda mungkin masih berstatus karyawan atau istilahnya bekerja ikut bos bisa mencapai kebebasan finansial bahkan juga bisa jadi bos atau tuan bagi orang lain, jawabannya bisa karena kebebasan finansial bukan tergantung dari status baik itu kaya atau miskin, karena semua orang bukan ditakdirkan untuk miskin tapi kurangnya berusaha dan mengembangkan potensi yang ada janganlah jadi alasan bahwa modal sebagai alasannya.

Kebebasan Finansial tidak bergantung pada status melainkan pada ketrampilan seseorang mengelola sumber daya yang dimilikinya.

Tips untuk memperoleh kebebasan finansial adalah:
  • Daftar rencana keuanagn 

Daftar rencana keuanagn berisi berapa uang yang anda miliki, buatlah rencana keuangan yang efektif dan bebas dari kebutuhan hura-hura yang berlebihan, patuhi rencana keuangan agar anda terbebas pusing kepala akibat gaya hidup yang besar besar pasak daripada tiang.

  • Hindari Utang Konsumtif 

Utang konsumtif artinya utang yang digunakan untuk berbelanja yang tidak terlalu perlu misalnya untuk membeli Laptop dan ponsel terbaru padahal masih yang lama masih berfungsi dengan baik karena faktor gengsi atau iri pada teman atau tetangga karena laptop dan ponsel semakin lama harganya semakin turun karena muncul yang baru, lebih baik digunakan untuk berinvestasi atau modal usaha.

  • Berinvestasi

Investasi merupakan kendaraan untuk menccapai kebebasan finansial, Saat ini banyak macam investasi yang bisaanda pilih, misalnya reksadana,membeli saham, membuka usaha sendiri, valuta asing, tabungan logam muliadan lain-lain.

Tapi sebelum berinvestasi anda harus menguasai dulu ilmunya agar mudah tak ditipu orang.

  • Miliki Penghasilan Pasif

langkah ini bisa dimulai dengan mengumpulkan aset aktif seperti tanah,rumah atau Logam Mulia untuk mendapatkan penghasilan pasif. semuanya itu untuk modal dalam berinvestasi misalnya tanah atau rumah bisa dijadikan tempat kos atau kontrakan bahkan juga bisa juga untuk tempat usaha seperti salon, penyewaan komputer, warnet dll.

Dengan Begitu, uang anda terus berputar dan berkembang bukan mustahil, dalam waktu beberapa tahun, kebebasan finansial bukan lagi sekedar impian belaka.
Tanto (Pekalongan news)
 


Post a Comment Blogger

 
Top