googlesyndication.com

0 Comment
Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Batang, melakukan sosialisasi Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Batang tahun 2017 di Rumah Tahanan (Rutan) Rowobelang, Senin (30/1/17). Kegiatan yang berlangsung di aula Rutan Rowobelang diikuti oleh 200 warga binaan dan sejumlah staf Rutan dan jajaran KPUD Batang.

Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih dan Kampanye, KPU Batang, Umar Abdul Jabar menyampaikan kalau sosialisasi yang dilakukan merupakan kewajiban KPU selaku penyelenggara Pilkada, agar warga binaan yang ada di Rutan Rowobelang bisa mendapatkan haknya untuk memilih kepala daerah sesuai dengan aspirasi politiknya.
"Meski mereka di dalam tahanan tapi masih memiliki hak pilih. Dan hak tersebut yang akan kami fasilitasi melalui sosialisasi agar mereka mengenal empat calon yang nanti akan dipilih," terang Umar.
Umar menjelaskan, dari 200 warga binaan penghuni Rutan Rowobelang yang memiliki hak pilih ada 154 kemudian ketambahan 1 lagi jadi ada 155 warga binaan yang memiliki hak pilih.

Dari jumlah tersebut, kata Umar, mungkin bisa saja nanti warga binaan yang mempunyai hak pilih akan bekurang atau bertambah bila ada yang keluar atau masuk tahanan.
"Yang jelas kita akan selalu komunikasi dan pantau perkembanganya sampai nanti tanggal 15 Febuari atau hari pencoblosan," ujar Umar.
Sampai hari ini, lanjut Umar, sudah ada 595.025 warga Batang yang terdaftar sebagai pemilih tetap. Khusus 155 warga binaan akan kami berikan blangko A5 agar bisa melakukan pencoblosan di luar domisili DPT yang bersangkutan.
"Tapi ketentuannya tetap akan kami verifikasi DPT asal mereka, apakah yang bersangkutan memang sudah terdaftar di DPT asal," jelas Umar.
Di tempat yang sama, Kepala Rutan Rowobelang, Ilham Agung mengatakan, pihaknya sudah melakukan persiapan sejak jauh hari berkenaan dengan adanya pemilihan Bupati dan Wakil Bupati tahun 2017 termasuk kegiatan sosialisasi ini yang bekerjasama dengan KPU Batang.
"Adanya sosialisasi ini mudah-mudahan warga binaan kami bisa mendapatkan pengetahuan dan mengerti tata cara pencoblosan agar nantinya pada saat pelaksanaan bisa berjalan dengan lancar," tutur Ilham.
Terkait persiapan Tempat Pemungutan Suara (TPS) di Rutan Rowobelang, pihaknya telah menyiapkan tempat di aula Rutan, sebab hal tersebut sudah menjadi tradisi bertahun-tahun sebelumnya.
"Dan bentuknya nanti kita menyesuaikan dengan aturan KPU agar bisa sama dengan TPS di luar lainnya," kata Ilham.
Kalau untuk teknisnya nanti, tambah Ilham, kita akan atur sedemikian rupa, karena direncanakan tidak semua warga binaan akan keluar, namun akan kita gilir.
"Jadi nanti sistemnya kita atur perblok dulu, bila selesai baru blok lainnya. Ini untuk meminimalisir adanya potensi gangguan Kamtibmas saja," ungkap Ilham.

Post a Comment

 
Top