googlesyndication.com

0 Comment

KPU Kota Pekalongan Gelar Pelantikan dan Pembekalan PPK Pilgub dan Pilwalkot 2024

Pekalongannews, Kota Pekalongan - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Pekalongan melantik 20 personel Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dalam menyongsong Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jawa Tengah dan Pemilihan Walikota (Pilwalkot) Pekalongan Tahun 2024. Pelantikan dilakukan oleh Ketua KPU Kota Pekalongan, Fajar Randi Yogananda pada Kamis 16 Mei 2024 di Aula Kantor KPU setempat.

Ketua KPU Kota Pekalongan, Fajar Randi Yogananda mengatakan bahwa, dalam kegiatan pelantikan PPK tersebut dilanjutkan agenda pengambilan sumpah/janji serta pembekalan oleh Komisioner KPU Kota Pekalongan. Fajar menyebutkan, dari 20 personel PPK yang lolos tersebut, 65 persen masih didominasi wajah lama pada Pemilu serentak 14 Februari 2024 lalu. Sementara, 35 persen sisanya diisi orang-orang baru.

"Sebelumnya, KPU telah melaksakan pendaftaran seleksi calon anggota PPK pada 23 hingga 29 April 2024 lalu. Beberapa PPK Pemilu 2024 mendaftar kembali untuk Pilkada 2024. Sebagian besar itu lolos,"ucap Fajar saat dikonfirmasi pada Jumat (17/5/2024).

Disinggung soal dominasi wajah lama ni, Fajar menegaskan pihaknya menggelar seleksi secara terbuka. Seleksi itu dilakukan dengan sejumlah tahapan, mulai dari seleksi tulis, hingga wawancara. 

" Kota Pekalongan membutuhkan 20 PPK dimana, ada 5 orang per kecamatannya, dan kali ini mereka yang lolos seleksi bisa dilantik serta bisa langsung melaksanakan tugasnya di wilayah kecamatan masing-masing,"ujarnya.

Lanjutnya, adapun masa kerja PPK periode ini dilantik 16 Mei 2024 dan berakhir pada Januari 2025. Sementara, untuk honorarium PPK kurang lebih sama dengan pemilu serentak, dimana untuk Ketua PPK honorariumnya Rp2,5 juta dan anggota PPK Rp2,2 juta dipotong pajak. Pihaknya berharap, agar jajarannya di tingkat Kecamatan se-Kota Pekalongan itu dapat menjaga integritasnya dan menerapkan prinsip penyelenggaraan Pemilu. Seperti, dapat bersikap independen yang tidak memihak salah satu Paslon, hingga bersungguh-sungguh dalam menjalankan tugas yang diberikan oleh KPU Kota Pekalongan.

“Kami berharap PPK bisa menjaga integritas, menerapkan prinsip penyelenggaraan Pemilu. Selain itu, dalam menjalankan tugasnya, nantinya bisa independen, tidak memihak salah satu Paslon, serta bersungguh-sungguh menjalankan tugasnya dalam menyukseskan Pilgub dan Pilwalkot 2024,"pungkasnya.

Post a Comment

 
Top