googlesyndication.com

Tahapan Pemilu 2024 Dimulai: KPU Batang Gelar Penyortiran dan Pelipatan Surat Suara
pekalongannews, Kabupaten Batang - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Batang mengumumkan kesuksesan penerimaan lima jenis surat suara untuk Pemilihan Umum (Pemilu) 2024,Jumat (12/1/2024).

Ketua KPU Kabupaten Batang, Susanto Waluyo, menyampaikan bahwa kelima jenis surat suara telah diterima secara lengkap pada Kamis malam (11/1/2024). Logistik surat suara tersebut langsung dibongkar dan disimpan di Gudang Logistik KPU Batang.

"Logistik surat suara sudah lengkap semua, datang Kamis malam langsung dibongkar dan disimpan di Gudang Logistik KPU, berarti ada 5 dapil," ujar Susanto saat ditemui di Gudang Logistik KPU Batang.

Susanto menjelaskan bahwa jumlah surat suara di Kabupaten Batang mencapai 633.361, termasuk dengan cadangan di masing-masing Tempat Pemungutan Suara (TPS). Setelah kelengkapan surat suara terpenuhi, KPU Batang akan melanjutkan tahap selanjutnya, yakni penyortiran dan pelipatan surat suara, yang dijadwalkan dimulai pada Sabtu (13/1/2024).

"Untuk pelipatan dan penyortiran sudah dipersiapkan semua, dari tempat hingga SDM," tambahnya.

Proses penyortiran dan pelipatan surat suara akan melibatkan 250 orang dari warga sekitar. Keterlibatan aktif masyarakat diharapkan dapat mempercepat proses ini. Susanto menegaskan bahwa pihaknya menargetkan penyelesaian tahap ini pada tanggal 24 Januari 2024.

"Targetnya 12 hari selesai, nanti akan kita tinjau setiap hari, akan ada evaluasi. Jika diperlukan penambahan petugas untuk mempercepat pekerjaan, kita akan lakukan evaluasi dan penyesuaian," tandasnya.

Penting untuk dicatat bahwa KPU Batang memberikan jaminan keamanan penyimpanan logistik Pemilu 2024 di Gudang Logistik KPU Batang. Selain adanya petugas keamanan dari internal KPU Batang, Polres Batang juga turut bersiaga 24 jam untuk memastikan keamanan seluruh proses ini.

Dengan kelengkapan logistik dan keterlibatan aktif masyarakat, KPU Kabupaten Batang memberikan keyakinan bahwa Pemilu 2024 di wilayah ini akan berlangsung dengan sukses. Semua tahapan dipersiapkan secara menyeluruh untuk menjaga integritas dan keamanan proses demokrasi yang merupakan fondasi utama negara Indonesia.
 
Top