googlesyndication.com

Pj Bupati Apresiasi Kreativitas SMPN 4 Batang dalam Gelar Seni Budaya
Pekalongannews, BatangPenjabat (Pj) Bupati Batang Lani Dwi Rejeki memberikan apresiasi atas penampilan yang luar biasa dari siswa-siswi SMPN4 Batang dalam Gelar Seni dan Budaya.

Gebyar Seni dan Budaya tidak hanya didukung dari komite sekolah dan orang tua sungguh luar biasa.

"Siswa-siswi ini memiliki potensi dan bakat yang luar biasa, dan penting bagi kita untuk memberikan kesempatan kepada mereka untuk menampilkan hobi dan potensi mereka,"kata Lani Dwi Rejeki.

Ia juga menyebutkan event ini menjadi salah satu cara untuk mendorong mereka untuk lebih kreatif dan percaya diri.

"Saya yakin, dengan dukungan penuh, mereka akan bisa terus berkembang dan menunjukkan potensi mereka kepada khalayak. Hal ini juga merupakan wujud nyata bahwa pendidikan seni dan budaya sangat penting dalam pengembangan siswa secara holistik,"tukasnya.

Sementara itu, Kepala Sekolah SMPN 4 Batang, Sri Mulyatno, menjelaskan tentang persiapan acara seni budaya di sekolah tersebut dengan antusiasme.

"Yang jelas, kami ingin menjadikan acara seni budaya ini sebagai bagian penting dalam kurikulum merdeka. Kegiatan ini penting untuk memastikan bahwa siswa kelas 7 hingga 9 bisa mengikuti kegiatan seni budaya yang mendalam. Kegiatan ini diharapkan mampu menumbuhkan kecintaan pada budaya daerah, dan membantu melestarikan warisan budaya."ungkap Sri Mulyono.

Dalam persiapan acara ini melibatkan siswa-siswa untuk memilih cerita dan peran yang mereka sukai. Mereka juga terlibat dalam latihan gamelan, nyanyian, pertunjukan drama, dan aspek-aspek lain dari seni pertunjukan.

"Saya berharap, kerja sama dalam kebersamaan, tanggung jawab bersama, dan keberanian untuk tampil di depan umum bisa tertanam dengan baik pada para siswa." lanjut Sri Mulyatno.

Ia menyebutkan prsiapan sudah dimulai sejak bulan Juli. Siswa kelas 7 dan 8 sudah intensif berlatih sejak Oktober 2023. Sementara kelas 9 sudah mempersiapkan acara sejak Juli 2023.

"Kami sangat bersemangat dengan dukungan yang diberikan oleh semua pihak, termasuk guru, TU, orang tua, dan komunitas sekitar. Dukungan dari semua pihak sungguh membantu kami menyiapkan acara ini dengan baik."

Sri Mulyatno juga mengungkapkan rasa terima kasihnya terhadap semua pihak yang telah mendukung persiapan acara ini.

"Dalam proses persiapan acara seni budaya ini, kami mendapat dukungan dari berbagai pihak, termasuk orang tua siswa, komunitas sekitar, dan sponsor yang telah menyumbangkan dana untuk keberlangsungan acara ini. Dengan adanya dukungan ini, semua siswa dapat turut serta dalam pertunjukan,"ungkapnya.

Sri Mulyatno juga menegaskan bahwa acara seni budaya ini bukan hanya sekadar pertunjukan biasa, melainkan merupakan wujud nyata dari upaya untuk memperkenalkan dan melestarikan budaya daerah.

Ia juga berharap acara ini dapat memberikan dampak positif untuk para siswa dan menjadi pengalaman yang berharga bagi mereka.

"Pertunjukan seni budaya ini bukan hanya sebagai bentuk hiburan semata, namun juga sebagai media untuk memperkenalkan dan melestarikan budaya daerah. Kami berharap acara ini dapat memberikan kesan mendalam bagi para siswa serta menjadi pengalaman yang berharga dalam perjalanan pendidikan mereka," katanya.

Sri Mulyatno juga menyoroti pentingnya kolaborasi antara sekolah dan orang tua siswa dalam mendukung kegiatan siswa di sekolah. Ia merasa senang dengan partisipasi aktif dari orang tua siswa dalam mendukung persiapan acara seni budaya ini.

"Kolaborasi antara sekolah dan orang tua siswa membuktikan bahwa pendidikan bukan hanya tanggung jawab sekolah semata, namun juga tanggung jawab bersama antara sekolah dan keluarga dalam membentuk pendidikan yang holistik bagi para siswa."tukasnya.

 
Top