googlesyndication.com

Semangat Hari Ibu, Pj Bupati Batang Bawa Anak-anak Thalassemia Liburan Seru
Pekalolongannews, Batang - Wajah sumringah terpancar dari puluhan anak penyandang Thalassemia Kabupaten Batang saat mereka diajak bertandang ke Objek Wisata Safari Beach Jateng oleh Pj Bupati Batang Lani Dwi Rejeki.

Perjalanan ini bertepatan dengan peringatan Hari Ibu pada 22 Desember 2023. Dalam momen tersebut, Lani Dwi Rejeki berhasil memberikan semangat kepada anak-anak penyandang thalasemia, yang hidupnya bergantung pada transfusi darah, serta memberikan dukungan kepada orangtua mereka yang telah menjadi pejuang dalam perjuangan melawan talasemia.

Dalam kebersamaan tersebut, Pj Bupati Batang Lani Dwi Rejeki sempat berbincang dengan anak-anak penyandang thalasemia sambil menikmati keindahan pantai, menyaksikan atraksi satwa, dan menikmati pertunjukan lumba-lumba.

Lani Dwi Rejeki, selaku Penjabat (Pj) Bupati Batang, berbagi motivasi di hari yang istimewa ini.

"Dolan bareng ini, untuk memberikan motivasi dan membahagiakan mereka agar tetap semangat belajar dan mengejar cita-citanya, karena semua anak berkesempatan sama dan kebetulan bertepatan Peringatan Hari Ibu juga," jelasnya.

Lebih lanjut, Lani menyampaikan tentang upaya pencegahan penyakit Thalassemia yang dapat dilakukan melalui skrining sejak dini, serta memberikan edukasi kepada remaja tentang pentingnya pemeriksaan darah sebelum menikah.

"Penyakit Thalassemia sekarang sudah ada obatnya penurun zat besu,jadi tidak perlu khawatir untuk masa depan. Pencegahan penyakit Thalassemia bisa dilakukan dengan screening sejak dini dan memberikan sosialisasi kepada remaja sebelum menikah agar mereka memeriksa darahnya," tambahnya.

Pemerintah Kabupaten Batang terus berupaya memberikan edukasi tentang pentingnya skrining tersebut. Lani juga mengingatkan pentingnya semangat dalam melakukan transfusi dan mengakses pengobatan bagi para penyandang Thalassemia.

Dalam momen yang penuh kebahagiaan itu, Lani Dwi Rejeki juga memberikan bingkisan jajan kepada anak-anak sebagai pelengkap keseruan liburan mereka.

Sementata itu, Ketua Perhimpunan Orang Tua Penyandang Thalassemia Indonesia Cabang Batang, Nety Wijayanti menyebutkan bahwa penderitaan thalasemia yang terdata di Kabupaten Batang jumlahnya mencapai 40 orang.

"Ada sekitar 40 orang yang terdata oleh POPTI cabang Batang, jumlah itu terdiri dari anak dewasa,"katanya.

Ia menyampaikan apresiasi dan rasa terimakasih kepada Pj Bupati Batang Laki Dwi Rejeki yang telah menginisiasi dolan bareng dengan anak - anak penderitaan thalasemia.

"Ini menjadi momen terindah bagai anak - anak penderitaan thalasemia dengan Ibu Pj Bupati Batang. Mereka sangat terhibur dan bahagia,"ungkapnya.

 
Top