googlesyndication.com

Prajurit Kodim 0736 Batang Bersama Masyarakat Bersihkan Sungai Krungsung
Pekalongannews, BatangMenjelang musim hujan, ratusan prajurit dari Kodim 0736 Batang bersama dengan berbagai organisasi masyarakat bekerja keras membersihkan sungai yang berpotensi menyebabkan banjir di wilayah Kabupaten Batang.

Pembersihan sungai kali ini dilakukan di sungai Krungsung yang terletak di Desa Plelen, Kecamatan Gringsing.

Sungai yang membentang di desa tersebut mengalami pendangkalan parah akibat sedimentasi dan tumbuhan liar, yang dapat meningkatkan risiko banjir bagi permukiman warga.

Melalui kerja sama antara prajurit, masyarakat, dan beragam organisasi terkait, pengerukan sungai dilakukan dengan menggunakan alat berat untuk membersihkan aliran air yang sangat penting bagi keselamatan lingkungan dan permukiman warga.

Kepala Desa Plelen, Siti Amri mengapresiasi inisiatif Kodim 0736 Batang yang memperlihatkan kepedulian terhadap lingkungan.

Ia juga menyatakan bahwa tindakan tersebut sangat membantu masyarakat dalam mencegah potensi banjir di musim penghujan ini.

"Sungai ini, awalnya selebar enam meter, tetapi sekarang menyempit dan hanya tersisa dua meter. Selain sedimentasi, sungai juga ditumbuhi rumput lebat. Jika tidak ada upaya normalisasi, air sungai berpotensi meluap dan menyebabkan banjir," kata Siti Amri.

Ia pun berharap kegiatan serupa bisa dilaksanakan seriap tahunya, pasalnya sedimentasi yang berada di sungai yang berada di wilayahnya sudah cukup parah.

Sehingga saat musim penghujan, sungai Krungsung tidak mampu menampung aliran air. Semakin tahun, semakin parah. Ketika air bah datang, meluap sampai ke perkampungan warga.

Dandim 0736/Batang Letkol Inf. Ahmad Alam Budiman mendapatkan informasi tentang pendangkalan sungai dan dengan cepat mengambil tindakan, dengan mengerahkan pasukan untuk membersihkan Sungai Krungsung. Langkah-langkah ini diambil tepat pada Hari Juang TNI AD untuk bhakti masyarakat.

“Ada tujuh titik rawan banjir di Kabupaten Batang. Enam berada di wilayah Kecamatan Batang Kota dan satu di Gringsing. Ini salah satu upaya kami mengatasinya,” tandas Dandim 0736/Batang Letkol Inf. Ahmad Alam Budiman, Kamis 14 Desember 2023.

Pengerjaan dimulai dari depan kantor Desa Plelen ke arah utara. Tiga alat berat excavator dan armada dump truck milik pengusaha lokal Imam As'ari serta sepeda motor roda tiga turut dikerahkan untuk membantu proses pengerukan sungai.

Proses pengerjaan berlangsung cepat dan efisien, dengan hasil yang terlihat dalam waktu beberapa jam. Yang sebelumnya merupakan sungai sempit yang ditumbuhi semak belukar, kini tersaji bersih dan lebar.

Meskipun mengalami hambatan di bawah jembatan Jalan Pantura, di mana sendimen nyaris menutup aliran sungai dan alat berat tidak mampu menjangkaunya, namun hambatan tersebut berhasil diatasi melalui tenaga manual.

"Dengan kerjasama yang kuat antara Kodim 0736 Batang, masyarakat, dan berbagai organisasi terkait, kami mampu menciptakan perubahan yang nyata untuk kebaikan lingkungan dan keselamatan warga setempat,"tukasnya.
 
Top