googlesyndication.com


Pesona Seni Karawitan dan Tari Daerah, SDN Karangtengah 1 Berikan Panggung Spektakuler
Pekalongannews, Batang - Menuju sekolah unggulan seni budaya, SD Negeri Karangtengah 1 menggelar acara gelar budaya yang lebih dari sekadar pertunjukan. Gelaran ini menjadi wadah penting bagi pengembangan bakat dan minat peserta didik dalam seni karawitan dan tari daerah.

Kepala Sekolah SDN Karangtengah 1, Yuli Susanti, dengan tegas menyampaikan komitmen sekolah untuk memberikan pelayanan, pendampingan, dan pelatihan di bidang seni karawitan dan seni tari daerah kepada para peserta didik.

"Sekolah ini merupakan salah satu yang mendapat kepercayaan dari Disdikbud sebagai sekolah unggulan seni budaya. Oleh karena itu, kami termotivasi untuk mewujudkan hal tersebut dengan melayani, mendampingi, dan melatih para peserta didik dalam bidang seni karawitan dan seni tari daerah," ujarnya saat memberikan sambutan di halaman SDN Karangtengah 1, Kecamatan Subah, Kabupaten Batang, pada Sabtu (23/12/2023).

Dalam gelaran ini, para peserta didik menampilkan berbagai seni karawitan, seperti panembromo, ladrang pariwisoto, jago kate, pepiling, nyoto kuwi wasis, gojago, kuwi opo kuwi, serayu, dan sigrak karangtengah. Tarian tradisional seperti gambyong, tampahan, dan asmarandhana juga turut memukau penonton.

"Keunikan lainnya adalah keterlibatan UMKM dari masyarakat sekitar. Pengunjung dapat menikmati produk-produk lokal yang ditawarkan, menciptakan suasana pasar tradisional di sekitar lokasi acara seni budaya," ungkapnya.

Sementara itu, Kabid SD Disdikbud Batang, Yuliyanto, berharap bahwa inovasi baru di bidang seni ini dapat menjadi motivasi bagi sekolah lain untuk mengadopsi pola pendidikan berkarakter.

"Tak hanya unggul dalam sekolah adiwiyatanya saja, tapi dalam hal seni. Bisa kita lihat tadi ada karawitan, tarian-tarian, dan kuda lumping," tandasnya.

Ia juga mengapresiasi kegiatan ini karena tidak hanya memperkuat eksistensi seni budaya lokal di lingkungan sekolah, tetapi juga mendukung pengembangan ekonomi lokal melalui partisipasi UMKM.


 
Top