googlesyndication.com

Proses Pendistribusian Bertahap, 633.361 Surat Suara DPR RI Tiba di Gudang KPU Batang
Pekalongannews, BatangKomisi Pemilah Umum (KPU) Kabupaten Batang telah memulai proses penerimaan surat suara yang dikirimkan oleh KPU Pusat. Pada tahap awal, sebanyak 633.361 lembar surat suara untuk DPR RI telah didistribusikan langsung ke gudang KPU Batang.

Koordinator Divisi Hukum dan Pengawasan KPU Batang, Tarwandi, menjelaskan bahwa petugas segera membongkar 1.267 kotak yang berisi total 633.361 surat suara. 

"Kami segera melakukan pengecekan antara jumlah yang tertera dengan bukti fisik. Setiap kotaknya berisi 500 lembar surat suara," ujarnya ketika memantau pendistribusian surat suara di gudang KPU Batang, Kabupaten Batang, pada Sabtu (23/12/2023).

Dalam waktu dekat, surat suara untuk DPRD Provinsi juga akan segera didistribusikan dari KPU Pusat. Rencananya, pada akhir Desember 2023, surat suara DPRD Provinsi akan dikirim, diikuti oleh surat suara DPRD Kabupaten pada 13 Januari 2024.

"Pendistribusian sengaja dilakukan secara bertahap agar memudahkan petugas dalam mengontrol surat suara yang tiba, serta menyesuaikan kemampuan dari percetakan," jelasnya.

Tarwandi juga menuturkan bahwa saat ini petugas KPU sedang melakukan pengecekan nomor seri tiap kotak untuk mengetahui kotak mana saja yang sudah masuk, hingga sesuai dengan jumlah yang terdata, yaitu 1.267 kotak.

"Proses selanjutnya, menanti arahan dari KPU pusat untuk melakukan pelipatan surat suara. Apabila seluruh surat suara sudah terkirim, baru kami akan melakukan pelipatan surat suara," tandasnya.

Selain penjagaan oleh petugas keamanan dari Polres Batang, pihak KPU juga telah mengantisipasi agar surat suara, kotak, dan bilik suara terlindung dari rembesan air ketika musim hujan. 

"Kami sudah memasang alas, atap juga sudah dipastikan tidak bocor, dan di atas tumpukan juga akan ditutup dengan terpal," ujar Tarwandi.
 
Top