googlesyndication.com

Kesiapan Mahfud MD di Debat Cawapres: Dukungan Penuh dari Tim Pemenangan Nasional

Pekalongannews, Jakarta - Juru Bicara Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar Pranowo - Mahfud MD, Iwan Setiawan mengatakan pihaknya optimistis bahwa calon wakil presiden nomor urut 03 Mahfud MD siap menghadapi debat calon wakil presiden (cawapres) perdana yang akan digelar malam ini, Jumat (22/12) di Jakarta Convention Center (JCC), Senayan, Jakarta.

Bahkan, Iwan mengatakan, Mahfud MD akan mendominasi debat perdana cawapres tersebut karena Mahfud memiliki pengalaman yang lengkap baik di eksekutif, yudikatif, mapun legislatif.

"Saya yakin pak Mahfud MD siap berdebat malam ini. Beliau berpengalaman di berbagai institusi pemerintahan. Beliau pernah di eksekutif, yudikatif, dan legislatif," kata Iwan Setiawan di Jakarta, Jumat (22/12).

Dikatakan Iwan, pengalaman yang lengkap tersebut menjadi modal yang sangat bagus dan tidak dimiliki dua lawan debat lainnya yakni Muhaimin Iskandar dan Gibran Rakabuming Raka.

"Dua lawannya kan pengalamannya tidak selengkap pak Mahfud. Ini yang membuat kami pak Mahfud akan unggul debat perdana cawapres nanti," jelasnya.

Terlebih lanjutnya, enam tema yang akan dibahas dalam debat nanti antara lain ekonomi, baik itu ekonomi kerakyatan maupun ekonomi digital, kemudian keuangan, pajak dan tata kelola APBN-APBD, investasi, perdagangan, infrastruktur dan perkotaan. Menurutnya, tema-tema ini sangat erat kaitannya dengan pengalaman Mahfud MD di institusi yang dijabatnya sebelumnya.

Disisi lain, Mahfud juga memiliki pengalaman yang panjang di dunia akdemik sebagai Guru Besar di bidang Ilmu Hukum dan pengalaman berorganisasi di banyak organisasi sejak mahasiswa hingga saat ini. 

"Misalnya bicara ekonomi tentu kan bicara hukum juga terkait perizinan investasinya. Bicara sektor keuangan, tentu beliau paham karena beliau selalu menerima informasi terkait transaksi keuangan di sektor ini sebagai Menko Polhukam. Begitupun urusan perkotaan dan infrastruktur, beliau pernah di DPR dan pernah menjabat Menteri Pertahanan tentu saja isu itu saling terkait dengan pengalaman Pak Mahfud," ungkapnya.

Dengan demikian, Iwan meyakini dengan pengalaman dan penguasaan isu tersebut Mahfud dapat mendominasi debat nanti. Sehingga akan berdampak secara elektoral terhadap Ganjar-Mahfud di Pilpres nanti.

"Debat termasuk yang ditunggu publik terkait kualitas capres atau cawapres. Maka, debat perdana cawapres nanti akan akan kelihatan kualitas pak Mahfud. Dengan begitu dapat membuat publik makin mantap memilih dan akan meningkatkan dukungan Ganjar-Mahfud," katanya.

Sebelumnya, Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Hasyim Asy'ari mengatakan, pihaknya memastikan pelaksanaan debat calon wakil presiden (cawapres) perdana akan digelar di Jakarta Convention Center (JCC), Senayan, Jakarta, pada 22 Desember 2023.

Debat perdana cawapres ini merupakan debat kedua dalam keseluruhan rangkaian debat capres-cawapres Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024. Debat akan diikuti oleh tiga orang cawapres, yakni cawapres nomor urut 1 Muhaimin Iskandar, cawapres nomor urut 2 Gibran Rakabuming Raka dan cawapres nomor urut 3 Mahfud MD.

"Jadi pada debat yang kedua nanti, itu akan dilaksanakan kampanye debat cawapres ya. Diselenggarakan pada 22 Desember 2023. Dan debat akan dimulai on air jam 19.00 WIB," ujar Hasyim di Kantor KPU RI, Jl Imam Bonjol, Menteng, Jakarta Pusat, Senin (18/12/2023).

"Tempat penyelenggaraan direncanakan di JCC, di Jakarta," ungkapnya.

Menurut Hasyim, debat cawapres mendatang akan dilakukan dengan format yang sama dengan debat capres pada 12 Desember 2023. Yakni terdiri dari enam segmen.

Pada segmen pertama, yakni berisi penyampaian visi, misi, program kerja oleh masing-masing cawapres. Kemudian untuk segmen kedua dan ketiga, akan diajukan sejumlah pertanyaan yang disusun oleh tim panelis.

 "Dan yang akan menyampaikan, atau mengajukan pertanyaan adalah moderator," tutur Hasyim.

"Kemudian untuk segmen empat dan lima itu nanti masing-masing cawapres diberi kesempatan untuk mengajukan pertanyaan kepada masing-masing cawapres yang lain," katanya.

Pada segmen empat dan lima ini, para cawapres juga diberikan kesempatan untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan yang diajukan masing-masing cawapres. Hal tersebut, menurut Hasyim sama persis dengan format pada debat capres yang pertama.

Lalu untuk segmen terakhir atau segmen keenam akan ada closing statement atau pernyataan terakhir sebagai kesimpulan dari masing-masing cawapres rentang topik yang dijadikan bahan untuk debat cawapres.

 
Top