googlesyndication.com

Hijaukan Bumi Program Relawan Pegawai Beraksi, Tanam Pohon wujudkan Sinergi Lingkungan
Pekalongannews,Tegal - Upaya PLN dalam mewujudkan komitmennya untuk berkontribusi menyelesaikan permasalahan lingkungan salah satunya dilakukan melalui Employee Volunteer Program, 

Program tersebut dilakukan oleh PLN UPT Purwokerto melalui kegiatan penanaman bibit pohon cemara laut dan bersih-bersih Pantai Komodo. Kegiatan tersebut sekaligus dilakukan dalam rangka memperingati hari Volunteer Internasional,Jumat 15 Desembet 2023.

Manager UPT Purwokerto, Achmad Ridwan menyampaikan, kegiatan Employee Volunteer Program (EVP) seperti ini rutin dilakukan PLN ditengah tugas rutin menjaga keandalan pasokan listrik.

“Selain tugas rutin kami untuk memastikan pasokan listrik tetap andal, kami juga berkomitmen untuk mengajak seluruh pegawai agar terlibat dalam kegiatan kemasyarakatan untuk mendukung aspek sosial dalam ESG,” terang Achmad.

Penanaman bibit pohon cemara laut ini melibatkan sekitar 40 pegawai dari UPT Purwokerto dan ULTG Tegal dan berhasil menanam 75 pohon yang ditanam dengan jarak 3 meter sepanjang bibir pantai komodo. Sedangkan untuk kegiatan bersih pantai berhasil mengumpulkan 10 trash bag sampah.

Program relawan pegawai ini merupakan implementasi dari program tanggung jawab sosial dan lingkungan perusahaan untuk mendukung Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Dimana, dalam keberhasilannya sangat ditentukan oleh peran serta banyak pihak, baik dari perusahaan, penerima manfaat maupun dari pemerintah.

“Dalam program TJSL ini, para pegawai diajak terlibat langsung, berinteraksi dan ambil bagian dalam sosial kemasyarakatan. Tujuannya untuk membangun dan meningkatkan jiwa kepedulian komunitas pegawai untuk bersinergi bersama masyarakat, pemerintah dan berbagai stakeholder dalam meraih tujuan pembangunan berkelanjutan,” terang Tejo Wihardiyono, General Manager PLN Unit Induk Transmisi Jawa Bagian Tengah.

Sementara itu, Teguh, local hero masyarakat setempat yang turut andil dalam kegiatan tersebut menjelaskan bahwa penanaman Cemara laut ini penting karena dapat  merehabilitasi lahan dan konservasi tanah di wilayah pantai. 

“Manfaat cemara laut beragam, baik di sisi lingkungan maupun ekonomi. Di sisi lingkungan, cemara laut dapat menahan terjadinya gelombang tinggi dan mencegah abrasi pantai. Sementara dari segi ekonomis, buahnya dapat diolah dan dikonsumsi karena mengandung vitamin C yang tinggi,” tutur Teguh. 

Kegiatan ini diharapkan dapat membawa berbagai kebaikan, salah satunya semakin menumbuhkan kecintaan masyarakat terhadap lingkungan.

“Kita menanam cemara laut, sekaligus menanam sejuta kebaikan yang akan menumbuhkan kecintaan terhadap lingkungan,” pungkas Achmad.


 
Top