googlesyndication.com

Peningkatan Kapasitas Nelayan Muda: Kemenpora Rencanakan Program Pelatihan Inovatif

Pekalongannews, Rembang -  Deputi Bidang Pemberdayaan Pemuda Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) melalui Asisten Deputi Potensi Kemandirian Pemuda menggelar kegiatan Sentra Pemberdayaan Pemuda Berbasis Pemanfaatan Iptek Tahun 2023. 

Kegiatan bertempat di Desa Banggi, Kecamatan Rembang, Kabupaten Rembang, Jawa Tengah, 15-17 Desember 2023 ini dibuka Deputi Bidang Pemberdayaan Pemuda, Asrorun Ni'am Sholeh yang memberikan sambutan sekaligus membuka kegiatan melalui zoom. 

Dalam sambutannya, Asrorun, menyampaikan bahwa pelatihan hari ini merupakan kegiatan yang penting sebab dapat menigkatkan kapasitas nelayan muda serta UMKM perikanan tangkap. Peran Kampus pun sangat penting khususnya dalam koordinasi pentahelix, yakni sebagai akselerasi aktivis perikanan tangkap dengan support IPTEK guna menjaga kelestarian sumber daya ikan agar tidak cepat punah.

Deputi Ni’am berharap kegiatan ini memacu pemuda agar dapat mengimplementasikan keterampilannya secara berkelanjutan tentunya didukung oleh sarana dan prasarana yang memadai.

Asisten Deputi Potensi Kemandirian Pemuda, Tri Winarno dalam laporannya menyampaikan bahwa kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan peran pemuda dalam pemberdayaan pemuda melalui SPP berbasis IPTEK serta dapat memberikan pengetahuan, keterampilan dan pendapatan bagi pemuda.

Sebanyak 50 orang peserta hadir secara langsung. Peserta pelatihan merupakan nelayan muda tradisional dan tergabung dalam anggota kelompok nelayan yang berdomisili serta memiliki pangkalan pendaratan ikan di Kabupaten Rembang, Jawa Tengah. 

Para nelayan muda tersebut akan mendapatkan pelatihan serta materi dari narasumber yang berkompeten di bidangnya, mulai dari Mustadin, Tim DKBN Kemenpora. Lalu, Akademisi dari UNDIP yang terdiri dari Dian Wijayanto, Ketua Departemen Perikanan Tangkap;  Bogi Budi Jayanto, Sekretaris Program Studi Perikanan Tangkap; Abdul Kohar, Ketua Prodi Studi Perikanan Tangkap S1; Faik Kurohman, Koordinator Laboratorium Departemen Perikanan Tangkap; Kukuh Eko Prihantoko, Dosen Perikanan Tangkap; dan Hendrik Anggi Setyawan, Dosen Gugus Pengendali Mutu. 

 
Top