googlesyndication.com

Desa Brokoh Kecamatan Wonotunggal Raih Penghargaan Desa Cantik Terbaik 2023 di Jawa Tengah

Pekalongannews, Batang -  Desa Brokoh Kecamatan Wonotunggal Kabupaten Batang meraih penghargaan sebagai salah satu pemenang Anugerah Award Desa Cantik (Cantik) 3 Terbaik Tahun 2023 tingkat Provinsi Jawa Tengah. 

Penghargaan ini diberikan oleh Badan Pusat Statistik (BPS) dalam upaya untuk membina statistik sektoral di tingkat desa secara komprehensif. 

Desa-desa pemenang lainnya adalah Desa Sendang Kabupaten Wonogiri dan Kelurahan Keprabon Kota Surakarta.

Prestasi Desa Brokoh ini merupakan hasil kerja keras dan semangat belajar statistik dari pihak desa, didukung oleh kolaborasi dengan Pemerintah Kabupaten Batang. 

Menurut Pembina Desa Cantik BPS Batang, Gilang Alif Utama, program Desa Cantik hadir untuk meningkatkan literasi, kesadaran, dan peran aktif perangkat desa atau kelurahan serta masyarakat dalam kegiatan statistik.

Gilang menjelaskan bahwa dalam tahun 2022, program Desa Cantik di Kabupaten Batang telah dimulai dengan memilih dua desa, yaitu Desa Brokoh dan Desa Wates. 

Namun, pada tahun 2023, Desa Brokoh terpilih karena kesiapan data dan keterlibatan perangkat desa yang luar biasa. Implementasi pembinaan Desa Cantik sebelumnya telah melibatkan koordinasi dengan Diskominfo dan Bagian Pemerintahan untuk optimalisasi penggunaan dan pemanfaatan data statistik guna mendukung program pembangunan di kelurahan.

Tujuan dari pembinaan Desa Cantik adalah memberikan literasi, data, dan indikator kepada perangkat desa atau kelurahan dalam memahami Registrasi Sosial Ekonomi (Regsosek) serta kebutuhan desa dalam rangka upaya mengentaskan masalah sosial ekonomi seperti kemiskinan dan stunting. Penilaian dari Provinsi Jawa Tengah terhadap Desa Brokoh mencakup semua kriteria termasuk infografis data desa, kondisi Desa Brokoh, analisis tematik yang melibatkan status gizi Balita untuk membantu pendataan stunting di desa, serta pelayanan permintaan data yang menunjukkan progres tata kelola data yang baik.

Selain itu, Desa Brokoh juga telah berhasil melakukan publikasi dalam bentuk infografis yang tersedia di laman https://s.id/webdescan_brokoh. Dalam penilaian Laporan Keterangan Ekonomi (LKE) dari BPS Kabupaten Batang, Desa Brokoh meraih skor 91 poin.

Gilang menekankan bahwa ke depannya, apabila desa lain ingin menjadi Desa Cantik, mereka harus mempersiapkan tahapan proses statistik, mengiventarisasikan kebutuhan data, serta mendapatkan pendampingan dalam menyusun instrumen pengumpulan data. 

"Langkah selanjutnya adalah melakukan pengumpulan data, pengolahan, analisis, diseminasi data, dan manajemen kualitas data yang akan dimanfaatkan dalam kebijakan pembangunan,"ungkapannya, Rabu 6 Desember 2023. 

Dengan demikian, prestasi Desa Brokoh dalam meraih penghargaan sebagai salah satu Desa Cantik terbaik di Provinsi Jawa Tengah memperlihatkan komitmen dan kesungguhan dalam meningkatkan taraf hidup masyarakat melalui pemanfaatan data dan statistik yang akurat serta terpercaya. 

"Prestasi ini juga memotivasi desa-desa lain untuk terus berupaya dalam pembinaan statistik sektoral guna mencapai pembangunan yang berkelanjutan di tingkat desa,"tukasnya. 


 
Top