googlesyndication.com

0 Comment
Hari Kesehatan Nasional ke-59: Batang Sambut dengan Pelayanan Kesehatan Gratis
Pekalongannews, Batang - Memperingati Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-59 di tingkat Kabupaten Batang, Dinas Kesehatan Batang telah menjalin kerja sama dengan 16 organisasi profesi untuk menyelenggarakan pelayanan kesehatan gratis di Alun-alun Batang pada Minggu, 5 November 2023. 

Acara ini diberi nama Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) On Car Free Day, yang melibatkan kolaborasi dari berbagai organisasi profesi seperti IDI (Ikatan Dokter Indonesia), PPNI (Persatuan Perawat Nasional Indonesia), IAKMI (Ikatan Apoteker Klinik Medis Indonesia), HAKLI (Himpunan Ahli Kesehatan Lingkungan Indonesia), IAI (Ikatan Ahli Gizi Indonesia), PAFI (Perhimpunan Ahli Fisioterapi Indonesia), IFI (Ikatan Fisioterapi Indonesia), IBI (Ikatan Bidan Indonesia), PDGI (Persatuan Dokter Gigi Indonesia), Pormiki (Perhimpunan Mahasiswa Kesehatan Masyarakat Indonesia), Persagi (Perhimpunan Suster dan Perawat Gigi Indonesia), Patekki (Persatuan Teknisi Kesehatan Indonesia), PTGMI (Perhimpunan Teknisi Gigi Medis Indonesia), PPKMI (Perhimpunan Profesi Kesehatan Masyarakat Indonesia), PARI (Perhimpunan Ahli Radiologi Indonesia), dan IPAI (Ikatan Perawat Anak Indonesia).

"Saat ini, kami memberikan pelayanan sesuai dengan kewenangan dan kemampuan masing-masing profesi. Mulai dari pemeriksaan kesehatan, screening kesehatan, hingga pemeriksaan laboratorium," kata Sekretaris Dinas Kesehatan, dr. Ida Susilaksmi.

Selama kegiatan Germas On Car Free Day, para paramedis juga memberikan layanan cek gula darah, asam urat, konsultasi obat, konsultasi dokter, dan screening gangguan keseimbangan, termasuk vertigo.

"Kami merasa bersyukur karena 16 organisasi profesi hari ini berkolaborasi untuk memberikan pelayanan dan pengabdian kepada masyarakat menjelang HKN," tambahnya.

Dr. Ida Susilaksmi juga menyebutkan bahwa antusiasme masyarakat terhadap pelayanan kesehatan gratis ini sangat tinggi. Hal ini terbukti dari cepatnya habisnya 100 alat cek kolesterol dan asam urat, serta 200 alat cek gula darah dalam waktu kurang dari dua jam.

"Untuk menjaga efisiensi waktu pelayanan, kami berusaha agar tidak ada antrian panjang. Semua yang hadir bisa dimanfaatkan oleh masyarakat dengan sebaik-baiknya," ujar dr. Ida.

Melalui hasil screening penyakit tidak menular, dr. Ida Susilaksmi mengungkapkan bahwa banyak kasus dengan kolestrol tinggi, gula darah tinggi, asam urat, dan hipertensi.

"Kita melihat peningkatan kasus penyakit tidak menular saat ini. Oleh karena itu, upaya screening kesehatan ini menjadi salah satu cara untuk memberikan edukasi dan pemeriksaan awal yang diharapkan dapat mencegah sejak dini penyakit tidak menular pada individu yang berisiko," tambahnya.

Sementara itu, Murdiono (50), seorang warga Kauman Batang, menyampaikan rasa terima kasihnya atas pelayanan kesehatan gratis melalui program Germas On Car Free Day. 

"Dalam kegiatan ini, kita bisa memeriksa kolesterol, gula darah, asam urat, dan tekanan darah secara gratis. Ini adalah langkah awal dalam upaya pencegahan, sehingga kita bisa mengetahui jika ada kenaikan nilai di atas batas normal,"tukasnya.

Post a Comment

 
Top