googlesyndication.com

0 Comment
GraphCast: Ahli Ramal Cuaca Buatan Google dengan Teknologi AI
GraphCast diakui mampu meramal cuaca dengan tepat 10 hari sebelumnya
Pekalongannews -  Google baru-baru ini memperkenalkan ahli ramal cuaca buatan mereka yang disebut GraphCast, menggunakan teknologi Artificial Intelligence (AI). GraphCast diakui mampu meramal cuaca dengan tepat 10 hari sebelumnya, sebuah kemajuan yang luar biasa.

GraphCast bersifat open source dan diciptakan dengan menggunakan AI yang mampu mengkalkulasi data dengan cepat. Dengan analisis cuaca selama 40 tahun ke belakang dari citra satelit, radar, dan stasiun cuaca, GraphCast mengumpulkan data kondisi cuaca 6 jam lalu dan saat ini.

Selanjutnya, lebih dari 1 juta titik grid permukaan bumi (termasuk suhu, tekanan, kelembapan, kecepatan dan arah angin, serta 6 variabel atmosfer pada 37 ketinggian berbeda) dianalisis untuk menghasilkan ramalan cuaca.

Kecepatan kerja GraphCast membuatnya mengungguli superkomputer saat ini dalam meramal cuaca, mengalahkan High Resolusi Forecast (HRES) sebanyak 99,7%. GraphCast bahkan mampu mengidentifikasi peristiwa cuaca buruk lebih awal dibandingkan HRES, meskipun belum dilatih secara khusus untuk itu.

Dengan demikian, GraphCast menjadi peramal cuaca masa depan yang praktis dan efisien, tidak memerlukan waktu lama atau peralatan superkomputer yang mahal. Inovasi ini menandai kemajuan dalam prediksi cuaca dan menunjukkan keunggulan AI dalam mengolah data untuk memberikan informasi akurat tentang kondisi cuaca hingga 10 hari ke depan.

Post a Comment

 
Top