googlesyndication.com

0 Comment
Pekan Kebudayaan Daerah 2023: Melestarikan Kebudayaan Kabupaten Batang
Pekalongannews, Batang - Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Batang menggelar kegiatan Pekan Kebudayaan Daerah (PKD) Tahun 2023.

Kegiatan itu digelar selama dua hari tanggal 30- 31 Oktober berlangsung di halaman parkir kantor Disdikbud setempat.

"Ini yang pertama dan menjadi embrio untuk tahun berikutnya. Semoga bisa menjadi embrio dalam melestarikan budaya di Kabupaten Batang. Sehingga PKD nantinya bisa turut menggali, mengenali dan mencintai kebudayaan daerah Kabupaten Batang," ujar Plt Kepala Disdikbud Batang, Bambang Suryantoro S di pembukaan kegiatan.

Kegiatan ini bisa terlaksana kata Dia, adanya kerjasama dengan berbagai pihak. Dimana anggaran kegiatan ini juga berasal dari swadaya pihak-pihak terkait.

"PKD ini menampilkan pentas seni tari dan musik dari sejumlah penampil. Mulai dari pelajar SD, SMP dan juga perwakilan dari kelompok kesenian masyarakat,"kata Bambang.

Tak hanya penampilan seni budaya, kegiatan ini juga dimeriahkan dengan stand bazar, dan juga galeri peninggalan cagar budaya Batang.

Asisten Pemerintahan dan Kesra Setda Batang, Willopo menyebut kegiatan ini menunjukkan ke generasi muda, bahwa Batang punya beradaban dan kebudayaan yang kuat. Sehingga mereka bisa lebih bangga menjadi warga Kabupaten Batang.

Selain itu jiwa kesenian ini bisa meminimalisir kegiatan negatif siswa. Sehingga bisa mencegah perbuatan bullying atau perundungan.

"Saya yakin nantinya kalau jiwa kesenian mereka bagus, mereka juga akan terhindar dari kegiatan negatif, seperti Perundungan,"ungkapnya.

Batang punya berbagai peninggalan bersejarah dan punya budaya yang peradabannya sudah tua dan tinggi.

"harapannya dengan ini pelajar jangan minder dan harus semangat dalam melestarikan budaya lokal.," pungkasnya.

Post a Comment

 
Top