googlesyndication.com

0 Comment
Kirab Merah Putih di Batang Tingkatkan Semangat Nasionalisme dan Pancasila

Pekalongannews, Batang - Sebanyak 10 foto pahlawan revolusi memimpin kirab merah putih dalam rangka Hari Kesaktian Pancasila di sepanjang jalan protokol Kabupaten Batang.

Kirab merah putih juga diramikan dengan arak-arakkan bendera merah putih sepanjang 1 kilometer dibawa oleh anak - anak pelajar. Dengan total jumlah peserta kirab mencapai 4.500 orang lebih.

Even tahunan tersebut menjadi momen ribuan warga rela berdiri di pinggir jalan raya untuk menyaksikan dan mengabadikan kirab.

"Foto pahlawan revolusi sengaja kita kirab untuk mengingatkan kembali kepada generasi penerus bahwa ada pahlawan revolusi yang gugur pada saat G 30 SPKI inilah tokoh tokohnya diantara seperti para jenderal. Untuk generasi muda biar tahu dan biar lebih memahami," kata Penjabat Bupati Batang, Lani Dwi Rejeki usai melepas kirab di jalan Veteran, Minggu 1 Oktober 2023.

Ia menyebut motivasi menggelar kirab adalah meningkatkan semangat warga. Terutama tentang bendera merah putih sebagai lambang negara dan Pancasila sebagai dasar negara.

"Pesertanya 4.500 itu yang tertulis ya, Tapi kenyataannya pasti lebih karena banyak masyarakat yang bergabung mengikuti pawai,"ungkapnya.

Lani untuk menggelorakan ideologi bangsa pada seluruh masyarakat, termasuk para pelajar. Kirab melibat berbagai pihak mulai dari pemerintah, swasta, organisasi masyarakat, organisasipemuda, pelajar hingga agama.

Seorang warga dari Batang Nugroho (40) merasa terhibur dengan adanya kirab merah putih. Menurutnya, kirab itu bisa mengenalkan lagi tentang siapa itu pahlawan revolusi dan dasar negara.

"Kalau dulu di zaman saya ada pemutaran film G 30 S PKI, sekarang gantinya Kirab, intinya biar tidak lupa sejarah," ucapnya.

Post a Comment

 
Top