googlesyndication.com

0 Comment

Kemarau panjang, Pemkab Batang Miliki Cadangan Pangan Dan Tiga lumbung Yang Dikelola Gapoktan

Keterangan Gambar Plt Kepala Dinas Pangan dan Pertanian Batang Wahyu Budi Santoso. Foto: itung kontributor Batang.

Pekalongannews, Batang - Kemarau panjang yang melanda di Kabupaten Batang tidak hanya mengalami krisis air bersih di beberapa desa. Namun dari dampak itu juga, harga beras di Pasar Batang pun mengalami kanaikan yang cukup signifikan. 

Dari pantauan lapangan harga beras di sejumlah pasar Batang sudah berganti harga, yang semula per kilogram Rp11-12 ribu kini dibandrol Rp13 -14 ribu. 

Menurut Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Pangan dan Pertanian Batang Wahyu Budi Santoso, kenaikan harga beras dikarenakan kemarau panjang. 

Namun, pihaknya meminta masyarakat untuk tidak takut yang berlebihan menghadapi fenomena ini. Selain ada beberapa wilayah kecamatan mulai panen padi. Pemerintah juga menjamin ketersediaan kebutuhan pangan masyarakat

"Untuk cadangan pangan disetiap Kabupaten dan Kota dikelola oleh Bulog. Dan Kabupaten Batang memiliki cadangan beras di Bulog  sebanyak 100 ton,"kata Wahyu Budi Santoso saat ditemui di kantornya, Jumat (8/9/2023). 

Tidak hanya itu, Pemerintah Kabupaten Batang juga memiliki tiga lumbung pangan yang dikelola oleh Gabungan Kelompom Tani (Gapoktan). 

Lumbung pangan itu berada di tiga lokasi yaitu di Desa Sidorejo Kecamatan Gringsing, Desa Tersono Kecamatan Tersono dan Desa Wonobodro Kecamatan Blado.

"Lumbung ini merupakan cadangan pangan sebagai upaya mengatsi terjadi kekurangan pangan. Tiga lumbung pangan itu menyerap sentra produksi terutama padi di wilayah sekitarnya,"kata Wahyu. 

Upaya mengatasi melonjaknya harga beras, pihaknya pun intens berkoordinasi dengan Pemerintah Pusat untuk menggelar program beras murah.

"Kita masih koordinasi dengan pusat dan program Pak Jokowi yang baru inj disampaikan ke menteri- menteri nanti akan menggelar operasi pasar. Tapi kita masih nunggu juknisnya,"ungkapnya. 

Wahyu Budi Santoso menambhakan bahwa dalam waktu dekat ini Pemkab Batang akan menyalurkan beras untuk penangan stunting sebanyak  25 pakat. 


Post a Comment

 
Top