googlesyndication.com

0 Comment
Rizal Bawazier Dukung Semangat Kebersamaan dalam Tradisi Obor Comal Estafet

Pekalongannews, Comal – Peringatan HUT RI 78 ribuan warga Kecamatan Comal, Kabupaten Pemalang, mengikuti lomba estafet obor yang dikenal sebagai Obor Comal Estafet 2023, Kamis (17/8/2023).

Antusiasme warga terlihat jelas dalam kerumunan penonton yang memadati pinggir jalan Raya Balutan dan para peserta yang berlomba di acara yang dikoordinir oleh Karang Taruna Kelurahan Purwoharjo. Menariknya, acara ini mendapatkan dukungan penuh dari Dewan Pakar DPP Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Rizal Bawazier.

“Tradisi Obor Comal Estafet sudah menjadi bagian tahunan dalam kalender kegiatan di Comal. Meski tidak ada catatan pasti, tradisi ini diyakini telah berlangsung sejak tahun 1995 atau bahkan lebih lama lagi, dengan perkiraan usia tradisi ini mencapai lebih dari 30 tahun,” ujar Ketua Panitia dan juga Ketua Karang Taruna Kelurahan Purwoharjo Irwan Syafi'i,.

Salah satu keunikan terletak pada pembentukan tim estafet yang dilakukan melalui undian. Peserta-peserta lomba tidak membentuk tim dengan teman-teman mereka sendiri, melainkan secara acak. Dalam edisi tahun ini, terdapat total 48 peserta yang membentuk 16 tim.

Masing-masing peserta akan menjalankan estafet sejauh 150 meter, dengan setiap anggota tim berlari sejauh 50 meter. Lomba ini menuntut kecepatan lari seperti sprint, namun api dalam obor tidak boleh padam; jika padam, tim akan didiskualifikasi.

“Filosofi dari lomba estafet obor ini adalah meneruskan semangat perjuangan dari generasi yang lebih tua kepada generasi yang lebih muda. Melalui upacara ini, pesan perjuangan dan persatuan diwariskan dari satu generasi ke generasi berikutnya,” kata Rizal Bawazier Dewan Pakar PKS.

Rizal Bawazier memberikan pesan kepada para peserta untuk memaknai nilai kebersamaan yang diakomodasi dalam tradisi ini. Baginya, semangat kebersamaan ini memiliki kekuatan untuk menghapus perbedaan-perbedaan, baik agama maupun suku.

“Semangat kebersamaan ini harus terus dijaga dan diperkuat. Baginya, kebersamaan adalah kunci untuk mendapatkan berkah dari Tuhan,” kata Rizal.

Pria yang tengah mencalonkan diri sebagai Bacaleg DPR RI untuk wilayah Kabupaten Pemalang, Kabupaten/Kota Pekalongan, dan Kabupaten Batang ini berharap agar semangat Obor Comal Estafet terus hidup dan memberikan berkah bagi daerah tersebut.

Post a Comment

 
Top