googlesyndication.com

0 Comment

Pekalongannews, BATANG - Ribuan warga memadati jalanan Desa Sembung, Kecamatan Banyuputih, Kabupaten Batang, Jawa Tengah.

Mereka menyaksikan karnaval Desa Sembung dalam rangka peringatan HUT ke 78 Republik Indonesia dan HUT ke 78 Provinsi Jawa Tengah.

Kepala Desa Sembung, Untung menyebut peserta karnaval berasal dari enam pedukuhan di Desanya.

"Ada enam dukuh, semua warganya keluar semua. Jadi ramai banget. Ini warga pakai biaya sendiri untuk karnaval ya," kata Untung, Minggu, 20 Agustus 2023.

Karnaval Kemerdekaan RI ke 78 Desa Sembung Berlangsung Meriah

Kreatifitas warga Desa Sembung tampak dalam kostum yang dikenakan dan arak-arakkan.

Ada yang berkostum ala biksu tuddong, gadis Dayak. Lalu membuat miniatur tower Sembung, miniatur Kakbah, hingga replika kayu jati ukuran besar.

Lalu, ada juga rombongan yang membuat mini teater penjajahan sepanjang karnaval. Peserta berperan sebagai rakyat, penjajah hingga tentara kemerdekaan.

Dalam kegiatan itu hadir juga Wakil Gubernur Jawa Tengah, Taj Yasin yang membuka kegiatan itu. Ia menyampaikan sejumlah program Pemprov Jateng.

Ia juga menjelaskan perubahan tanggal dan tahun HUT Pemprov Jateng. Hingga tahun lalu, HUT Pemprov Jateng masih dirayakan tiap 15 Agustus dan usia Jateng baru 72 tahun.

"Setelah dilakukan penelitian, ternyata provinsi Jateng langsung didirikan dua hari setelah proklamasi," jelasnya.


Post a Comment

 
Top