googlesyndication.com

0 Comment
Kunjungan DPD RI ke Kantor Wilayah Kemenkumham Jateng

Pekalongannews, Semarang - Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) Jawa Tengah menerima kunjungan dari rombongan anggota DPD RI Komite I pada Senin (24/07/2023). Pertemuan tersebut berlangsung di Ruang Arjuna dan bertujuan utama untuk mempererat silaturahmi, meningkatkan sinergi, serta meningkatkan kerja sama antara kedua instansi.

Rombongan dari DPD RI Komite I yang terdiri dari Anggota DPD RI Dapil Jawa Tengah, Abdul Kholik, dan Kepala Kantor DPD RI Jawa Tengah, Fahri, beserta jajaran, diterima dengan hangat oleh Plt. Kepala Kantor Wilayah, Hantor Situmorang, beserta para Kepala Divisi, Kepala Bidang Pembinaan Bimbingan Teknologi Informasi, Budi Yuliarno, Kepala Bagian Program Humas, Toni Sugiarto, dan para jajaran lainnya.

Kunjungan ini tidak sekadar menjadi pertemuan formal, tetapi juga menjadi wadah untuk menyerap aspirasi masyarakat dan daerah. Plt. Kepala Kantor Wilayah, Hantor Situmorang, menyambut baik niat baik dari DPD RI Komite I. Sebagai awal pembicaraan, Hantor memaparkan gambaran umum tentang tugas dan fungsi Kantor Wilayah Kemenkumham Jawa Tengah.

"Hingga saat ini, terdapat 71 Unit Pelaksana Teknis di Jawa Tengah, dengan total 46 Unit Pelaksana Pemasyarakatan (lapas) dan Rumah Tahanan (rutan), namun kondisi overkapasitas di Jawa Tengah mencapai 66,16%," ungkap Hantor.

"Meskipun menghadapi kendala overkapasitas, pelayanan pada unit pemasyarakatan kami masih berjalan dengan baik. Salah satu upaya kami untuk menangani masalah ini adalah melalui asimilasi rumah yang diberlakukan saat masa pandemi beberapa waktu lalu, dan saat ini kami terus berupaya untuk memberikan pembinaan kemandirian secara maksimal," tambahnya.

Menanggapi kondisi tersebut, Anggota DPD RI Komite I memberikan apresiasi kepada Kanwil Kemenkumham Jawa Tengah yang meskipun dihadapkan pada kendala, tetap dapat memberikan hasil kinerja yang maksimal.

"Setelah berdiskusi mengenai tata kelola dan pembinaan di lapas dan rutan, sejauh ini pengelolaannya di Jawa Tengah sangat baik, meskipun menghadapi overkapasitas, namun tetap berjalan dengan baik. Bahkan, beberapa lapas sudah berhasil membina dengan menghasilkan produk unggulan yang dapat dipasarkan hingga diekspor," ungkap Abdul Kholik.

Tidak hanya itu, Anggota DPD RI Komite I juga berencana untuk menyampaikan dan berkoordinasi mengenai kendala-kendala yang dihadapi oleh Kanwil Kemenkumham Jawa Tengah kepada pihak-pihak terkait, seperti permasalahan kurangnya sumber daya manusia, terutama tenaga medis, serta penggunaan lahan di Pulau Nusa Kambangan oleh warga Kampung Kali.

Post a Comment

 
Top