googlesyndication.com

0 Comment
Kejari Batang Gelar Lomba Cerdas Cermat Hukum Untuk Pelajar Kabupaten Batang

Pekalongannews
, Batang - Dalam rangka memperingati Hari Bhakti Adyaksa (HBA) yang ke-63, Kejaksaan Negeri (Kejari) Batang menyelenggarakan Lomba Cerdas Cermat (LCC) Hukum untuk para pelajar di Kabupaten Batang, Lomba ini berlangsung di Aula Kejari Batang, Jumat (21/7/2023).

SMAN 1 Bawang berhasil meraih posisi juara pertama, diikuti oleh SMAN 1 Batang sebagai juara kedua, SMKN 1 Warungasem sebagai juara ketiga, dan SMKN 1 Kandeman sebagai juara keempat.

Kepala Kejari Batang, Mukharom, menyatakan bahwa awalnya para peserta masih canggung dalam menjawab pertanyaan dari panelis, namun mereka menjadi lebih percaya diri dan aktif dalam babak kedua lomba

"Awalnya mereka malu - malu menjawab, tapi setelah menjelang setengah babak mulai berani berbicara. Ini yang kita harapakan seperti itu,"ungkap Mukharom.

LCC Hukum ini diawali dengan kedatangan 30 mahasiswa magang dari Perguruan Tinggi Negeri (PTN) di Semarang ke Kejari Batang. Dari 30 mahasiswa tersebut, hanya satu orang yang merupakan penduduk asli Batang,

hal ini mencerminkan minat positif terhadap bidang hukum dari masyarakat Batang. “Saya berharap agar para pelajar Batang dapat mengenal hukum dengan baik, membaca tentangnya, memahaminya, serta tertarik untuk mengejar studi hukum lebih lanjut. Ia juga mendorong lebih banyak pelajar untuk mendaftar di fakultas hukum dan menjadi ahli hukum serta jaksa di Kejaksaan,” ujarnya.

LCC Hukum ini menekankan pentingnya undang-undang perlindungan anak dan bertujuan untuk meningkatkan kesadaran para pelajar tentang regulasi tersebut serta lembaga yang melindungi hak-hak mereka.

Salah satu peserta, Cindi Astuti, pelajar dari SMAN 1 Bawang, mengapresiasi acara LCC hukum meskipun persiapannya minim.

“Awalnya, pertanyaan-pertanyaan mudah dapat dijawab dengan baik, namun di babak selanjutnya ia mengalami kesulitan. Namun, melalui kompetisi ini, dapat mengembangkan pemahaman tentang konsep-konsep hukum yang mendorongnya untuk mempertimbangkan untuk mempelajari lebih banyak tentang subjek tersebut di masa depan,” jelasnya.

Post a Comment

 
Top