googlesyndication.com

0 Comment

Pekalongannews, Batang - Ratusan kucing serta anjing di wilayah Kabupaten Batang menjalani vaksinasi rabies dan sterilisasi gratis. Kegiatan itu berlangsung di Jl Veteran, Kecamatan/Kabupaten Batang.

"Kuota vaksin yang kami sediakan sekitar 200 ekor pasien rabies. Lalu tadi ada yang daftar sterilisasi sekitar 31," kata Drh Yoyon Sunaryono dari Bidang Veteriner, Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi Jawa Tengah, Senin (26/6/2023).

Pihaknya bekerjasama dengan yayasan Lets Adopt, yayasan atau komunitas pecinta kucing serta Dinas kelautan Perikanan dan Peternakan Kabupaten Batang. Pihaknya berkeliling untuk melakukan vaksinasi serta sterilisasi.

Ia menyatakan antusias warga Batang cukup tinggi. Hal itu tampak dari pendaftar vaksinasi yang lebih dari 100 pada pagi hari.

Yoyon mengakui bahwa kuota vaksinasi rabies di Jawa Tengah termasuk sedikit. Sebab, provinsi Jawa Tengah masuk dalam wilayah yang bebas rabies.

Ia mengatakan masyarakat tetap harus waspada karena sejumlah wilayah tetangga terdapat kasus rabies. Kemudian, dengan vaksinasi, pada pemilik hewan juga lebih tenang.

"Untuk jenis hewan yang bisa disuntik rabies mulai dari Kucing, Anjing hingga monyet. Namun untuk monyet, jarang ada yang punya karena termasuk satwa yang dilindungi, " pungkasnya.

Post a Comment

 
Top