googlesyndication.com

0 Comment


Keterangan Gambar : Kepala Desa Mangunegera Kecamatan Mrebet memberi pemaparan Program Smart Fisheries Village Foto Riswanto

Pekalongannews, Purbalingga - Melimpahnya air di wilayah Desa Mangunegara, Kecamatan Mrebet, Kabupaten Purbalingga, Jawa Tengah, menjadi potensi besar untuk pengembangan budidaya ikan bibit maupun ikan konsumsi masyarakat.

Potensi tersebut menarik perhatian Kementerian Kelautan dan Perikanan dan dipilih sebagai pilot projek program Desa Perikanan Cerdas atau Smart Fisheries Village.

Dalam perjalanan program Desa Perikanan Cerdas, para petani ikan Desa Mengunegara mendapat binaan langsung Badan Riset Sumber Daya manusia Kelautan dan Perikanan (BRSDM KP). 

Meraka para petani ikan Desa Mangunegara juga di latih dan diedukasi oleh Balai Pelatihan dan Penyuluhan (BPPP) Tegal. Dari mulai cara - cara membudiaya ikan, pembenihan, pemijahan ikan. Dan dari hasil pelatihan itu, diharapkan para kelompok tani bisa melakukan secara mandiri. 

Tak hanya itu, para petani juga mendapat pelatihan menejerial pembentukan kelompok tani dan koperasi dan menginventarisir potensi potensi perikanan. 

"Alam yang dikaruniai Tuhan ini harus kita manfaatkan dan lestarikan untuk kesejahteraan masyarakat. Dan air yang melimpah di Desa kami menjadi sumber kehidupan masyarakat. Oleh karena itu, ini potensi program utama Desa Mangunegara yang harus kita terus dukung dan kembangkan," kata Kepala Desa Mangunegara, Juwanto saat ditemui di Kantornya, Kamis (15/6/2023).

Dalam pengembangan Smart Fisheries Village tidak bisa lepas dari anggaran guna mendukung suksesnya proram tersebut. Pasalnya, 25 kelompok petani ikan yang masing - masing beranggotakan 5 orang, menggunakan sistem klaster industri pembenihan ikan nila, bawal dan melem. 

"Sistem klaster industri budidaya pembenihan ini bisa sukses jika ditopang dengan dukungan anggaran. Melihat semangat para petani ikan kami selaku kepala desa berupaya maksimal mencari sumber - sumber anggaran kebutuhan untuk kemajuan," jelasnya. 

Keterangan Gambar : Kades Mangunegara,Kecamatan Mrebet Kabupaten Purbalingga,Juwanto sambangi pera petani ikan. Foto Riswanto.

Juwanto pun menyakini Smart Fisheries Village bisa menjadi pilot projek dan mengantarkan Desa Mangunegara menjadi desa mandiri. 

"Desa Mangunegara akan jadi kawasan yang terintegrasi, bukan hanya pengembangan perikanannya saja tapi juga sektor pariwisata, pengembangan ekonomi juga penggunaan dan penerapan teknologi," pungkasnya. (Riswanto).

Post a Comment

 
Top