1 Comment
Jakarta -
Munculnya Telemedicine memungkinkan pasien mengakses layanan konsultasi kesehatan jauh lebih mudah karena hanya berbekal smartphone sudah bisa mendapatkan beragam solusi baik itu advis maupun diagnosis cukup akurat dari dokter terpercaya.

Demikian juga dengan alodokter yang telah membangun kepercayaan dari pasien untuk bisa berkonsultasi secara online kepada dokter yang sama efektifnya dengan konsultasi tatap muka.

Salah satu yang mendapatkan review sempurna dari 10 ribu pengguna alodokter adalah dr Robby Hermawan SpOG. Ia meraih gelar kedokteran dari Universitas Diponegoro Semarang.

Dari tempat praktiknya di RSIA Hermina Mutiara Salatiga, Jawa Tengah. Melalui alodokter, dr Robby telah banyak membantu pasienya yang tersebar di seluruh Indonesia.

Kemampuan dr Robby dalam menenangkan para pasienya telah sangat membantu meraih kepercayaan sejak bergabung dengan alodokter tiga tahun lalu sehingga pujian banyak datang dari penjuru Indonesia.

 "Saat pasien menyampaikan keluhannya, langkah pertama yang harus dilakukan adalah memastikan keadaanya tenang secara psikologis. Dengan psikis yang tenang, pasien cenderung lebih percaya dan menerima diagnosis atau anjuran dari dokter," ungkap dr Robby melalui alodokter, Rabu (5/10/2022).

Selain meraih kepercayaan, dokter juga harus bisa menjaga kepercayaan dari para pasienya, kemudian penting juga memberikan konsultasi online dengan maksimal terutama analisa yang tepat rasa kepada pasien.

"Yang paling esensial adalah saat menangani emergency, berikan pasien ketenangan psikologis, dan jawab pertanyaan-pertanyaan yang masih belum dipahami agar pasien merasa tenang dan aman.” lanjutnya.

Meski konsultasi melalui aplikasi alodokter tidak bisa melihat langsung reaksi pasien sehingga tidak memungkinkan menambahkan penilaian kenyamanan. Namun hal tersebut bisa di atasi dengan metode pertanyaan anamnesis yang lebih jeli serta menyeluruh.

Seperti halnya hasil USG maupun Pap Smear pasien sebelumnya akan selalu diminta untuk lebih mendukung hasil konsultasi melalui fitur chat dokter.

Kemudian meski terdapat beberapa hambatan yang ditemukan dalam menangani konsultasi via telemedicine, dr. Robby kerap menyiasatinya dengan memberikan artikel yang mudah dimengerti kepada para pasien untuk dibaca dan setelah itu dirinya selalu siap menjawab pertanyaan yang diberikan apabila pasien membutuhkan panduan.

 “Sejak awal, dr. Robby selalu memberikan perpaduan tepat antara pendidikan dan pengetahuan klinis terbaik bagi pasienya. Sosok seperti beliau lah alodokter bisa memberikan layanan kesehatan terlengkap dan unggul di tiap langkah medis masyarakat Indonesia” imbuh Co-Founder & President Director Alodokter, Suci Arumsari.

Figur seperti dr. Robby selalu percaya bahwa telemedicine dapat meningkatkan pemberian layanan medis mudah, terjangkau, dan berkualitas di seluruh pelosok Indonesia.

Untuk itu pemerintah perlu memperluas jaringan internet sehingga masyarakat di pelosok manapun bisa mengakses layanan kesehatan dari manapun dan kapanpun dengan biaya yang lebih rendah.

Post a Comment Blogger

 
Top