0 Comment


Kota Pekalongan – Kodim 0710/Pekalongan menggelar pelatihan cara budidaya tanaman hidroponik dan model kawasan rumah pangan lestari (MKRPL) kepada perwakilan masing-masing Koramil jajaran Kodim 0710/Pekalongan, yang bertempat di Aula serbaguna Makodim setempat, Jl Sriwijaya No 1 Kelurahan Medono Kecamatan Pekalongan Barat Kota Pekalongan Jawa tengah. Selasa(2/2/2021)

Pelatihan di gelar sebagai tindak lanjut perintah Dandim 0710/Pekalongan Letkol CZI Hamonangan Lumban Toruan, S.I.P saat memimpin serah terima jabatan Danramil beberapa hari yang lalu di Koramil 17/Lebakbarang.

Dijelaskan Dandim H. Lumban Toruan saat itu, bahwa guna memanfaatkan lahan yang sempit serta mendukung program swasembada pangan maka, seluruh jajaran Koramil wajib memanfaatkan lahan kosong  yang ada di koramil setempat untuk dimanfaatkan sebagai lahan tanaman hidroponik maupun model kawasan rumah pangan lestari (MKRPL).

“ Mulai hari ini, saya perintahkan semua jajaran Koramil untuk memanfaatkan lahan kosong yang ada untuk budidaya tanaman hidroponik dan tanaman lainya. Walaupun kita tidak punya lahan akan tetapi kita masih bisa menanam dengan cara hidroponik dan ini juga mempunyai nilai jual yang bagus selain untuk dikonsumsi sendiri”,tegas Dandim.

Sementara itu mewakili Dandim 0710/Pekalongan Kasdim Mayor Inf Raji menerangkan bahwa tujuan dari dilaksanakan pelatihan adalah untuk memberikan pengetahuan dan ketrampilan khususnya dalam bidang budidaya tanaman secara hidroponik kepada perwakilan dari masing-masing koramil jajaran Kodim 0710/Pekalongan.

“ Kegiatan ini adalah untuk memberikan pengetahuan dan ketrampilan dalam budidaya tanaman hidroponik, sehinga semua jajaran koramil nantinya diharapkan bisa memanfaatkan lahan yang ada dengan budidaya tanaman hidroponik serta bisa menularkan ilmu yang didapat ini kepada masyarakat”,jelas Kasdim Mayor Raji.

Kasdim menambahkan, nantinya dalam budidaya tanaman hidroponik tersebut akan diadakan perlombaan guna memberikan semangat dan memotivasi untuk memperoleh hasil yang maksimal.

“ Nanti akan kita nilai mana yang terbaik dari semua Koramil jajaran Kodim 0710/Pekalongan yang melaksanakan budidaya tanaman hidroponik ini”, imbuhnya.

Adapun jenis tanaman yang akan ditanam dalam memanfaatkan lahan kosong ini antara lain mulai dari, kangkung, caisim, stroberi, dan tanaman sayuran lainya  yang jelas selain hasilnya bisa dikonsumsi sendiri juga akan menambah kenyamanan dan keindahan Koramil.

Sebagai pemateri dalam kegiatan tersebut adalah Bati Tuud Koramil 17/Lebakbarang Pelda Samiran, dimana dirinya ditunjuk karena sudah berhasil dalam membudidayakan tanaman dengan sistem hidroponik dan model kawasan rumah pangan lestari di Koramil dengan memanfaatkan lahan kosong yang ada.(rus) 

Post a Comment Blogger

 
Top