0 Comment
 Ganjar Pranowo meninjau pelaksanaan vaksin di RSUD Kalisari Batang
Pekalongannews, Batang - Gubernur Jateng Ganjar Pranowo mengatakan, data penurunan penyebaran Covid-19 di Jawa Tengah cukup bagus, dari 7 minggu sebelum divaksinasi rata-rata tenaga kesehatan kita 200 orang yang terpapar Covid-19 terus sekarang turun hingga terakhir 27 orang yang terpapar Covid-19.

“Maka saya minta tolong kepada Wakil Bupati Batang Suyono yang mendampingi sekarang, dan direktur Rumah Sakit Kalisari Kabupaten Batang, ayo kita genjot vaksinasi ini dan menyiapkan tahap kedua vaksinasi untuk pelayanan publik dan kelompok masyarakat,” jelasnya

Gubernur Jawa Tengah mengapresiasi sekaligus kagum dengan penerapan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat ( PPKM) skala mikro di RT 2/10 Kelurahan Kauman Kecamatan, Kabupaten Batang.

“Saya lihat spirit gotong royongnya bagus. Ternyata sejak pandemi awal ibu – ibunya sudah bergerak membuat satu posko logistik,” kata Ganjar Pranowo, usai tinjau PPKM skala Mikro RT 02/10 Kelurahan Kauman Kecamatan Batang, Rabu (17/2/2021).

Tidak hanya itu, Posko logistik nya juga sudah memiliki sistem manajemen yang baik yang didukung oleh Pemkab Batang.

“Ketika ada orang yang sakit bisa order sayuran dan lainya hanya melalui whatsaap. RTnya aktif bagi- bagi masker, membuat fasilitas cuci tangan dan peralatan lainya relatif bagus,” katanya.

Dengan suasana gotong royongnya yang tinggi, maka tidak akan sulit untuk menerapkan PPKM skala mikro, lanjutnya.

“Oleh karenanya, warga harus tetap konsisten menjaga protokol. Ini contoh PPKM skala mikro level RT yang sudah siaga penuh. Jogo tonggonya jalan dengan didukung kampung tangguhnya. Ini yang masuk dalam imipian saya,” pungkasnya.

Ketua RT 02/10 Kelurahan Kauman Batang Aziz mengatakan, untuk meminimalisir penularanya Covid-19 secara rutin membagikan masker ke warga, membuat tulisan himbauan kepada masyarakat dan perketat tamu dari luar kota.

“Untuk kedaulatan pangan kita membuat lombung pangan. Adapun rumah karantina isolasi mandiri sudah kita siapkan dengan kapasitas 6 tempat tidur,” katanya.

Sementata Itu, Kepala Kelurahan Kauman Kecamatan Batang, Mugiyono, menjelaskan, kelurahan Kauman yang terdiri dari 65 RT, 10 RW semuanya melaksanakan program PPKM skala mikro.

“Sampai dengan saat ini ada 10 orang yang positif Covid-19, rata – rata mereka melakukan isolasi mandiri di rumah masing – masing dan mendapatkan partisipasi tetangga untuk menyuplai kebutuhan panganya,” katanya.

Pihaknya juga mengatakan kalau Kelurahan sudah menyiapkan tempat isolasi mandiri dengan menggunkan gedung sekolah.



Post a Comment Blogger

 
Top