0 Comment
Mediatek meluncurkan chipset MT8192 dan MT8195 untuk Chromebook generasi berikutnya
MediaTek beberapa waktu yang lalu baru saja meluncurkan chipset MT8192 dan MT8195 untuk Chromebook generasi berikutnya. Dengan fabrikasi 7nm MT8192 ditujukan untuk perangkat mainstream dan 6nm MT8195 untuk perangkat berkualitas tinggi, brand dapat merancang Chromebook yang bertenaga, ramping, dan ringan yang menghadirkan daya tahan baterai lebih lama dan pengalaman computing yang luar biasa mulai dari video conference, streaming video hingga cloud gaming dan aplikasi yang didukung oleh AI.

“Permintaan pada Chromebook mengalami lonjakan popularitas yang belum pernah terjadi sebelumnya karena semakin banyak orang yang bekerja dari jarak jauh dan mengambil kelas online. MediaTek sudah mendukung beberapa Chromebook terpopuler di pasar, dan akan terus meningkatkan serta mendorong pengalaman pengguna ke depan dengan chipset baru kami.”kata Jerry Yu, Corporate Senior Vice President at MediaTek. “MT8192 dan MT8195 memberi brand lebih banyak fitur untuk merancang Chromebook yang kuat dengan inovatif yang dapat dibalik/flip, dilipat atau dilepas, ramping, ringan, dan memiliki daya tahab baterai yang baik.”

Chipset MT8192 dan MT8195 masing-masing mengintegrasikan unit pemrosesan AI (APU) berkinerja tinggi untuk mendukung berbagai aplikasi berbasis suara dan tampilan. Teknologi APU MediaTek yang kuat dirancang untuk memproses pengenalan ID dan kontrol suara, pengenalan ucapan dan gambar, ucapan ke teks, terjemahan langsung, pengenalan objek, penghapusan latar belakang, pengurangan kebisingan, segmentasi gambar dan video, kontrol gerakan, semuanya dalam real-time. Kedua chipset ini juga memiliki prosesor sinyal digital audio (DSP) khusus untuk mengaktifkan suara dengan daya ultra rendah (VoW) untuk asisten suara.

Brand dapat merancang Chromebook dengan berbagai konfigurasi kamera berkat prosesor sinyal gambar high dynamic range (HDR) dan mesin depth hardware yang terpasang di chipset. Brand benar-benar diberikan opsi untuk mengintegrasikan kamera super besar 80MP 4-sel, kamera 32MP tunggal atau kamera ganda hingga 16 MP + 16 MP untuk menghadirkan HDR yang tajam di Chromebook untuk video conference.

MT8195 MediaTek, dibangun di atas proses TSMC 6nm, mengintegrasikan CPU octa-core dengan empat inti Arm Cortex-A78 untuk aplikasi intensif komputasi dan empat inti Arm Cortex-A55 yang hemat daya untuk menangani tugas latar belakang secara bersamaan dan memaksimalkan daya tahan baterai. MT8195 juga mengintegrasikan APU 3.0 dari MediaTek, menyediakan hingga 4 kinerja TOPS. GPU Arm-Mali G57 lima inti yang bertenaga menghadirkan visual yang luar biasa, sementara quad-channel 2133MHz LPDDR4X memastikan ada banyak bandwidth memori untuk core yang bertenaga. MT8195 juga mendukung hingga tiga tampilan simultan sehingga pengguna dapat menikmati lebih banyak tampilan layar apakah mereka sedang bekerja, bermain game, atau hanya menjelajah internet.

Dengan dukungan untuk Dolby Vision, audio surround sound 7.1 dan akselerator video perangkat keras Codec AV1, pengguna dapat menikmati pengalaman berkualitas bioskop untuk streaming film dan acara TV dari layanan online terpopuler. Selain itu, decoding perangkat keras AV1 menggunakan lebih sedikit data sambil tetap menawarkan grafik yang menakjubkan dan pengalaman video yang mulus.

MT8192 MediaTek mengintegrasikan CPU octa-core dengan empat inti Arm Cortex-A76 dan empat Arm Cortex-A55 untuk memberikan keseimbangan ideal antara daya dan efisiensi. APU 2.0 MediaTek menyediakan MT8192 dengan performa hingga 2.4 TOP. Chipset ini juga mengemas GPU Arm Mali-G57 lima inti yang kuat untuk menghadirkan visual yang luar biasa, ditambah penyimpanan 2133MHz LPDDR4x dan UFS 2.1. MT8192 mendukung layar quad high definition (WQHD) yang lebar dengan kecepatan refresh standar 60Hz, atau layar FullHD + dengan kecepatan refresh hingga 120Hz untuk responsivitas super cepat. Selain itu, chipset tersebut dapat mendukung dua layar Full HD secara bersamaan.

Kedua chipset juga mengintegrasikan decoding video 4K HDR untuk memberikan kualitas video yang sangat baik sekaligus memaksimalkan masa pakai baterai, memungkinkan pengguna untuk menonton konten favorit mereka lebih lama. Selain itu, MT8192 dan MT8195 mendukung PCI-Express Gen 3 dan USB 3.2 Gen 1.

Post a Comment Blogger

 
Top