0 Comment
kacang hijau banyak menyimpan manfaat untuk kesehatan
Mung bean atau Kacang hijau Umumnya banyak diolah menjadi bubur maupun isian kue yang membuat rasanya makin nikmat. kacang hijau banyak menyimpan manfaat untuk kesehatan. 

Kacang hijau juga menjadi makanan yang sangat baik dikonsumsi wanita hamil. Kandungan dalam kacang hijau ini memang melimpah dan bisa memberikan banyak manfaat.dan dapat diolah menjadi bubur, minuman, kue, salad dan lainnya. Meskipun memiliki banyak manfaat, tetap tidak dianjurkan untuk mengkonsumsinya secara berlebihan. Kandungan seratnya yang tinggi bisa menimbulkan masalah pencernaan jika dikonsumsi secara berlebihan.

Beberapa Manfaat Kacang Hijau Bagi Kesehatan antara lain :
  • Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Mung bean atau Kacang hijau dapat melindungi tubuh dari virus atau infeksi? Sebab di dalam kacang hijau terkandung zat yang dinamakan fitonutrien dengan sifar antiinflamasi dan juga antimikroba.
  • Menurunkan Kadar Gula Darah
Gula darah yang terlalu tinggi bisa menyebabkan seseorang mengalami masalah kesehatan serius, salah satunya diabetes. Serat dan protein yang terkandung di dalam kacang hijau akan membantu tubuh untuk memperlambat pelepasan gula ke dalam darah. Sehingga mampu untuk menjaga gula darah tetap stabil jika rutin untuk mengkonsumsinya.
  • Membantu Menurunkan Berat Badan
Memiliki kandungan serat yang tinggi, menjadikan anda akan merasa kenyang lebih cepat. Rasa kenyang tersebut akan membuat anda bisa mengontrol makanan yang masuk ke dalam tubuh
  • Menurunkan Kadar Kolesterol
Agar terhindari dari kolesterol yang tinggi, anda bisa mengkonsumsi kacang hijau secara rutin. Hal ini disebabkan, di dalam kacang hijau memiliki kemampuan untuk mengatur kolesterol menjadi stabil. Kandungan antioksidannyalah yang membuat kolesterol di dalam tubuh tidak melonjak. Jika kolesterol terjaga, maka anda akan terhindar dari penyakit jantung maupun stroke.
  • Membantu Turunkan Tekanan Darah
Kacang hijau memiliki efek antihipertensi yang didapatkan dari kandungannya seperti serat baik, magnesium, peptida dan juga potassium yang membantu menurunkan tekanan darah tinggi. Kacang hijau memang baik untuk dikonsumsi bagi penderita hipertensi.
  •  Mampu Melawan Kanker
Dalam kacang hijau terdapat kandungan antioksidan yang akan membantu untuk melawan pertumbuhan sel kanker. Tak hanya itu, kacang hijau juga menunjukkan aktivitas antitumor serta melindungi kerusakan DNA bahkan mutasi sel yang berbahaya. Kandungan Flavonoidnya juga akan mengurangi stres oksidatif yang memiliki peran membentuk kanker di dalam tubuh. 

Post a Comment Blogger

 
Top