0 Comment
Cara Meningkatkan Performa Dan Kinerja Smartphone Android
Smartphone Android terkadang terdapat beberapa masalah pada kinerjanya. Dari berbagai permasalahan inipun tak jarang menganggu aktivitas kita dalam menjalankan beberapa program pada smartphone kita.

Terdapat beberapa cara yang dapat dilakukan untuk meningkatkan performa dan kinerja smartphone tersebut diantaranya: 
  • Gunakan aplikasi yang dapat memantau kegiatan CPU dan RAM
Karena penggunaan CPU dan RAM yang berlebihan akan berpengaruh pada kinerja smartphone android maka diburukan aplikasi yang dapat memantau jalannya CPU dan RAM. Aplikasi-aplikasi tersebut dapat di unduh di Play Store seperti Antutu CPU Master, CPU-Z.
  • Adakan pengurangan jumlah aplikasi yang terpasang

Jika aplikasi yang terdapat pada smartphone cukup banyak, maka saat itu juga adakan pengurangan.  karena semakin banyak aplikasi maka akan semakin lambat kinerja smartphone android . Sebaiknya, pilih aplikasi yang memang bermanfaat dan sering kamu gunakan.
  • Kurangi aplikasi yang berjalan pada background
Aplikasi yang berjalan pada background akan menimbulkan peningkatan pada penggunaan Ram, untuk  meminimalisir kinerja aplikasi pada background. gunakan aplikasi Greenify untuk melihat aplikasi yang berjalan pada background. Dengan Greenify kita menonaktifkan aplikasi yang berjalan di background.
  • Memberikan ruang kosong pada penyimpanan
Ruang penyimpanan juga berpengaruh besar terhadap kinerja smartphone , usahakan menyediakan sekitar 10% ruang kosong dari total keseluruhan ruang penyimpanan. Karena hal ini akan dapat membantu kinerja dari smartphone.

  • Melakukan partisi SDCard
Guna menempuh jalan berikut, maka smartphone  sudah harus di root. Cara ini berfungsi untuk mengurangi sejumlah aplikasi yang berada pada memory internal smartphone dengan menggunakan Sdcard minimal class 6, tetapi akan jauh lebih baik gunakan yang berkelas 10. Semakin tinggi class SD card yang digunakan maka semakin cepat juga pemrosesan membaca dan menulis data.
  • Melakukan Proses SWAP SD card
Jika mempunyai smartphone yang memiliki kapasitas RAM sangat rendah, yakni di bawah 768 MB, maka cara ini merupakan salah satu alternatif tepat. Karena, cara yang satu ini akan dapat meningkatkan performa dari smartphone.

Caranya ialah dengan melakukan SWAP lebih 2x lipat daripada jumlah keseluruhan dari RAM yang terdapat pada telepon pintar milik kamu. Guna melakukan proses ini, maka kamu dapat mempergunakan Mini Tool Partition Wizard. 




Post a Comment Blogger

 
Top