0 Comment
Disperindagkop dan UKM Kabupaten Batang melakukan pemantauan harga dan ketersediaan bahan kebutuhan pokok masyarakat (kepokmas) di beberapa pasar 
Batang- Menjelang perayaan Natal dan Tahun Baru, Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi dan UKM (Disperindagkop dan UKM) Kabupaten Batang bersama Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) yang terdiri dari Kodim 0736/Batang, Kejaksaan Negeri serta Dinas Kelautan Perikanan dan Peternakan melakukan pemantauan harga dan ketersediaan bahan kebutuhan pokok masyarakat (kepokmas) di beberapa pasar seperti Pasar Batang, Bandar dan Limpung.

Kepala Disperindagkop dan UKM, Subiyanto mengemukakan, setelah dilakukan pemantauan di ketiga pasar besar itu, rata-rata harga kepokmas di Kabupaten Batang masih termasuk stabil.

“Harga telur Rp26.000,00/Kg, ayam Rp33.000,00/Kg, beras kualitas premium Rp10.000,00 dan kualitas medium Rp9.000,00,/Kg,” terang Subiyanto usai memantau harga dan ketersediaan Kepokmas di Pasar Bandar, Kabupaten Batang, Kamis (19/12/19).

Subiyanto memastikan, dengan adanya Natal dan Tahun Baru ini tidak berpengaruh pada harga kepokmas. 

“Untuk pasokannya cukup di Kabupaten Batang, terutama di daerah-daerah kantong seperti Tersono masih memadai,” katanya.

Ia mengimbau, apabila di pasar terjadi gejolak harga yang melebihi Harga Eceran Tertinggi (HET), diharapkan masyarakat segera melaporkan kepada Pemkab Batang melalui Disperindagkop dan UKM.


“Agar segera dilakukan upaya untuk menurunkan harga, misalnya telur dan beras. Selanjutnya akan dikoordinasikan dengan instansi terkait, termasuk Bulog agar harga-harga itu distabilkan,” tegasnya.

Subiyanto juga mengharap kepada para pedagang dalam menjual kepokmas tidak dengan harga yang melebihi HET, karena Pemkab Batang telah mengetahui harga standar di pasar.

Sementara Kepala Bidang Perdagangan Disperindagkop dan UKM, Endang Rahmawati menambahkan, beberapa bahan kepokmas lain yang dijual di Pasar Limpung pun rata-rata memiliki standar harga yang sama.

“Di antaranya bawang putih kating Rp26.000,00/Kg, bawang merah Rp35.000,00/Kg, cabai merah keriting Rp35.000,00/Kg, cabai rawit merah Rp40.000,00/Kg dan untuk gula pasir curah mengalami sedikit kenaikan Rp500,00 menjadi Rp12.500,00,” terangnya.

Sedangkan untuk daging khas dalam Rp120.000,00/Kg, daging khas luar Rp105.000,00/Kg.

Post a Comment Blogger

 
Top