PT PNM Persero Gandeng Kejari Batang Cegah Debitur Nakal Berulah

August 13, 2018
PT Permodalan Nasional Madani (PNM) menandatangani nota kesepahaman dengan Kejaksaan Negeri (Kejari) Batang untuk penanganan perkara hukum bidang Perdata dan Tata Usaha Negara yang dihadapi oleh PT PNM (Persero) cabang Tegal, baik di dalam maupun di luar pengadilan.

Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Batang, Nova Elida Saragih, mengatakan, PT PNM adalah badan usaha milik negara yang seratus persen sahamnya dimiliki oleh negara atau pemerintah sehingga modal yang dikeluarkan diharapkan tidak menimbulkan masalah maupun berpotensi menimbulkan kerugian negara.

Kerjasama yang sudah ditandatangani ini, kata dia, sifatnya pencegahan, namun selaku Jaksa Pengacara dari PT PNM pihaknya juga memberikan pendampingan sekaligus bantuan hukum.
"Ini kan BUMN, jadi selaku jaksa pengacara negara selain ingin menyelamatkan kekayaan negara juga menegakan wibawa pemerintah melalui pemberian bantuan hukum," ujarnya, Senin (13/8/18) di Aula Kejari setempat. 
Pimpinan PT PNM (Persero) Cabang Tegal, Ananto Seno, mengatakan bahwa kerjasama antara PT PNM dengan Kejaksaan Negeri sudah terjalin lama dan selama ini telah membantu kelancaran usaha PNM dalam menjalankan aktivitas BUMN sebagai agent of development.
"Muaranya pada satu tujuan utama yaitu meningkatkan kesejahteraan masyarakat prasejahtera, Kejari juga membantu usaha PT. PNM termasuk yang di Batang,melakukan pencegahan terhadap tindakan yang dilakukan debitur nakal," katanya.
PT PNM (Persero) sendiri merupakan BUMN milik negara yang bergerak di bidang ekonomi kerakyatan melalui pembiayaan, pendampingan dan jasa manajemen kepada pelaku usaha mikro ultra mikro, mikro kecil dan menengah.

Layanan yang bisa diakses oleh kelompok usaha mikro tersebut seperti, Unit Layanan Modal Mikro (ULaMM) yang fokus memberikan pembiayaan kepada pelaku usaha kecil yang disertai dengan program Penanganan Kapasitas Usaha (PKU) dan Membina Ekonomi Keluarga Sejahtera (Mekaar) yang khusus menyasar kepada kelompok perempuan perempuan pra sejahtera produktif yang tergolong pelaku usaha ultra mikro.

Di Indonesia PT PNM (Persero) tersebar di 2.464 kantor layanan, 630 kantor layanan UlaMM dan 1.770 layanan Mekaar.

Share this

Related Posts