Habib Lutfi ingatkan kembali sejarah bangsa,agar generasi muda tahu sejarah perjuangan

December 23, 2017

Batang - Dalam rangka memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW diadakan Kirab Merah Putih dengan titik Start di Desa Masin Kecamatan Warungasem Kabupaten Batang sampai dengan Finish Alun-Alun Pekalongan pada (22/12/2017).

Kirab Merah Putih dimulai dari Masin sampai ke Alun-Alun Pekalongan mengandung filosofi bahwa pada zaman penjajahan perjuangan kemerdekaan Indonesia didahului dengan pemasangan bendera dari Desa Masin sampai di Alun-Alun Pekalongan kemudian dilakukan pertempuran.

Kirab Merah Putih ini merupakan agenda tahunan. Dihadiri oleh Wakil Bupati Batang, Kasdim 0736/Batang Mayor Inf Raji mewakili Dandik, Habib Lutfi Bin Yahya, para ulama Warungasem, Camat Warungasem, Banser, Ansor, TNI, Polri, dan para kepala desa se-Kecamatan Warungasem.

Suyono, Wakil Bupati Batang yang menjadi Inspektur Upacara pada pembukaan Kirab Merah Putih tersebut sekaligus membuka acara. Kemudian dilakukan pelepasan peserta Kirab Merah Putih oleh Kasdim 0736/Batang Mayor Inf Raji.

Dalam upacara pembukaan, Wakil Bupati Batang membacakan sambutan dari Bupati Batang menyampaikan  pesan agar saling menjaga tali silaturahim, jangan sampai terbawa gerakan yang mengakibatkan perpecahan agama Islam dan untuk lebih bertaqwa kepada Allah SWT, serta menegakkan agama Islam tanpa harus merusak pluralisme.

“Tetaplah jaga silahturahmi, persatuan untuk menegakkan agama Islam tanpa merusak pluralisme” ungkapnya.

Terpisah Habib Lutfi Bin Yahya mengatakan bahwa tujuan acara ini adalah mengingat sejarah perjuangan bangsa Indonesia kala itu dan sebagai penerus bangsa yang tidak merasakan beratnya merebut kemerdekaan harus menghormati dan menjunjung martabat bangsa.

“Dengan adanya acara ini kita menjadi bangsa yang tidak melupakan sejarah dan supaya generasi muda kita lebih-lebih menanamkan jati diri dan harga diri kehormatan bangsa ini” imbuhnya

Di tempat yang sama M. Fathoni selaku Camat Warungasem mengatakan , bahwa kirab Merah Putih menjadikan semangat khususnya di bidang pendidikan untuk masyarakat Batang dan Pekalongan.
“Kirab Merah Putih ini dapat membangun semangat bangsa di bidang pendidikan dalam masyarakat yaitu pendidikan penanaman semangat Merah Putih kepada komponen generasi muda, pelajar, dan Ormas Warungasem, Batang dan Pekalongan” pungkasnya.(Pendim 0736).

Share this

Related Posts