Awal Tahun 2018 Pasar Batang Sudah Bisa Untuk Ditempati Pedagang

December 21, 2017
Pekalongan News
 Sebanyak 2000 pedagang Pasar Batang yang selama ini menempati pasar Batang Sementara di Jalan Dr Wahidin akan pindah ke Pasar  Batang Baru di  Jalan jenderal Sudirman yang  terbakar bulan November 2014 lalu.
Kabupaten Batang
Pedagang Sementara pasar Batang di Jalan Dr Wahidin akan pindah ke Pasar Batang Baru di Jalan jenderal Sudirman yang terbakar bulan November 2014 lalu.

Persiapan pemindahan diawali dengan Khataman Al Quran, uniknya ribuan pedagang ini membawa makanan dan minuman sendiri-sendiri sebagai ungkapan rasa syukur pedagang yang akan menempati pasar baru yang lebih representatif.

Kapolsek Batang Kota Polres Batang AKP Bambang Sugiyanto dan Danramil Batang Kapten Inf. Muntholib mendampingi Bupati Batang dan Wabup dalam kegiatan tersebut.

Bupati Batang Wihaji mengatakan, setelah kurang dari empat tahun direlokasi untuk proses revitalisasi pasar, sudah saatnya pedagang menempati pasar baru yang rencananya awal tahun baru bisa mulai bertransaksi di pasar baru.
“Ini nawaitu pedagang pasar untuk persiapan perpindahan, supaya barokah kita ajak pedagang ngaji bareng khataman Al Quran dengan membawa makan sendiri, yang penting berdoa rezeki yang mengatur Allah yang Insyaallah 4 Januari mulai dipakai pasarnya,” kata Wihaji.

Ia juga mengatakan bahwa luasan atau ukuran kios maupun lapak tidak sesuai dengan yang lama, namun pedagang sudah ikhlas, dan yang menjadi kewajiban sebagai kepala daerah mendoakan dan jikalau ada permasalahan kita akan cari solusinya.
“ Pedagang sudah Ikhlas walapun ukuranya tidak sesuai seperti yang dulu, dan kewajiban Kepala daerah mendoakan, jikalau ada permsalahan segera laporkan ke saya untuk mencarikan solusi,” jelas Wihaji
Kita akan bertindak tegas lanjutnya, apabila ada pedagag baru yang menempati los yang tidak peruntukannya, karena hal ini akan mengganggu dan merugikan pedagang sehingga banyak pembeli yang malas naik ke lantai atas.
“Kami tegaskan kepada petugas keamanan pasar untuk tegas kepada pedagang yang menggelar dagangannya yang tidak sesuai tempatnya di lantai bawah, karena kasihan pegadang yang di atas,” tegas Wihaji
Di jelaskan juga oleh bupati bahwa kerusakan atap pasar yang masih bocor, akan segera diperbaiki dan Pemkab berusaha akan melayani semaksimal mungkin yang akan memfasilitasi juga apabila ada pedagang yang tercecer untuk di carikan solusi.

“Pemkab Batang berusaha mencarikan solusi bagi pedagang pasar yang tercecer atau yang belum mendapatkan tempat, makanya los pasar di bikin lebih banyak agar pedagang bisa mendapatkan semua,” katanya
Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi dan UKM Kabupaten Batang Isnanto mengatakan, kegiatan khotmil Quran ini merupakan awal dari rencana pemindahan pasar sementara ke pasar baru.
“ Sekitar 2000 pedagang akan menempati pasar yang berada di Jalan Jenderal sudirman setelah selesai pembangunanya, dan rencana awal tahun di bulan Januari bisa mulai transaksi,” kata Isnanto.
Ia berharap semoga perpindahan pasar menjadi berkah pedagang dan tidak ada masalah, kalaupun ada masalah ayo di musyawarahkan dengan guyub rukun mencari barokah di pasar, pinta Isnanto.

Adapun secara teknis tempat- tempat atau kios sudah dikondisikan baik di lantai satu dan lantai dua sesuai dengan kesepakatan pedagang bersama pemkab, Kita juga sudah mensosialisasikan hak dan kewajiban pedagang.


Share this

Koran online pekalongan dan sekitarnya adalah portal lokal wong pekalongan dan daerah sekitarnya yang bertujuan memberikan informasi berita berita lokal yang ada di pekalongan dan sekitarnya

Related Posts