0 Comment
Buku Musium Rekor Indonesia (MURI) kembali mencatat nama Kabupaten Pekalongan setelah, Sabtu (22/4/17) tercipta rekor baru berupa Perempuan Berkebaya terbanyak di Indonesia yang mengikuti Apel Pagi di Alun-alun Kajen. Tercatat sebanyak 17 ribu perempuan berkebaya tumpah ruah memadati lokasi. Mereka berasal dari 19 Kecamatan yang di Kabupaten Pekalongan.

Selain mencatatkan diri dalam buku MURI, belasan ribu peserta tersebut juga mendeklarasikan diri sebagai Perempuan Berkebaya Kabupaten Pekalongan Melawan Korupsi.
Bupati Pekalongan Asip Kholbihi mengatakan, dirinya akan menghidupkan kembali budaya berkebaya karena menurutnya kebaya merupakan pakaian nasional Indonesia.
"Kabupaten Pekalongan akan menjadi inisiator agar para perempuannya berpakaian kebaya," ujarnya.
Asip juga mengungkapkan, kain kebaya merupakan produk asli Indonesia jadi sangat relevan sekali kalau kita yang memulai karena selama ini Kabupaten Pekalongan dikenal sebagai sentra kain.

Panitia penyelenggara yang juga istri dari Bupati Pekalongan,  Munafah Asip Kholbihi menyampaikan, pemecahan Rekor MURI perempuan berkebaya merupakan satu dari beberapa rangkaian kegiatan memperingati Hari Kartini yang ke-128.
"Tujuan kita adalah untuk melestarikan budaya nasional berkebaya bagi perempuan Indonesia khususnya di Kabupaten Pekalongan dan menjadikan kebaya sebagai pakaian sehari-hari," ungkapnya.
Sementara itu Rahmi Hidayati, penggagas sekaligus aktivis Perempuan Indonesia Berkebaya menjelaskan, kebaya bukan hanya Jawa dan Sumatra saja, namun juga Aceh, Kesultanan Tidore, Kalimantan dan Sulawesi juga cinta kebaya dan senang berpakaian kebaya.

Dan dukungan seperti ini, kata Rahmi,menunjukan kalau pada dasarnya perempuan Indonesia itu senang berkebaya dan ingat kebaya bukan Kartini saja, namun mereka selain Jawa dan Sumtra juga berkebaya.
"Kita akan sosialisasikan agar kebaya menjadi pakaian resmi Indonesia dan kedepan kita akan dorong agar ada hari kebaya," terangnya.
Diinformasikan, rekor perempuan berkebaya terbanyak di Indonesia berhasil dipecahkan Kabupaten Pekalongan dengan 15.186 peserta versi catatan buku MURI dengan menumbangkan rekor sebelumnya milik Kabupaten Purbalingga sebanyak 10 ribu perempuan berkebaya dan Kabupaten Kediri sebanyak 11.029 dalam even pergaan busana kebaya terbanyak.

Post a Comment Blogger

 
Top