0 Comment
pekalongan-news.com
Bupati Pekalongan Asip Kholbihi dan Walikota Pekalongan Alf Arsland Djunaid dalam kesempatan pertemuan dengan DWA-HHSK di Kota Rotterdam, Belanda
Kabupaten Pekalongan
Bupati Pekalongan Asip Kholibihi menandatangani kesepakatan kerjasama dengan Dutch Water Authorities (DWA) atau Hoogheemradschap Van Schiland en de Krimpenerwaad (HHSK) Rotterdam, Belanda untuk proyek penanganan bencana rob di wilayah utara Kabupaten Pekalongan.

Perjanjian kerjasama kedua belah pihak ditandatangani oleh Vice Chairman DWA-HHSK, A.i.B Van Der Klugt dan Bupati Pekalongan, Asip Kholbihi saat melakukan kunjungan kerja ke negeri kincir angin awal April lalu.

Pemerintah Kabupaten Pekalongan memilih Dewan Air Belanda atau DWA-HHSK karena dianggap sangat berpengalaman dalam mengelola air di Kota Rotterdam, Belanda.

Asip mengatakan, kesepakatan kerjasama dengan DWA-HHSK merupakan salah satu upaya Pemerintah Kabupaten Pekalongan untuk peningkatan Capasity Building selain kerjasama saling menguntungkan, salah satunya penyelesaian permasalahan rob yang melanda Pekalongan termasuk juga penguatan di bidang manajemen sistem drainese.
"Kita sepakat untuk bertukar informasi dan regulasi di sektor drainese serta berkolaborasi dengan pihak lembaga akademis dan penelitian," ungkap Asip.
Aksi lebih lanjut, kata Asip, akan dilakukan pada tahun ini juga dengan menggelar pertemuan untuk menyusun sekaligus merumuskan program pengelolaan sistem drainese melaui workshop bench marking termasuk juga akan melakukan pertukaran delegasi tekhnis antara kedua belah pihak.

Asip menambahkan, pihaknya segera akan menerapkan pelatihan, pendampingan dan peningkatan peran serta masyarakat  dalam mengelola sistem drainese lingkungan yang akan melibatkan lembaga akademik lokal dam luar negeri.
"Sasaranya untuk penyusunan studi aplikatif pengelolaan infrastruktur air dan water management," jelasnya.

Post a Comment Blogger

 
Top