0 Comment
Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Batang melakukan sosialisasi Pilkada di SMA 1 Batang, Senin (6/2/17) untuk menjaring partisipasi pemilih pemula di kalangan pelajar yang sudah memiliki hak pilih dan telah tercatat di Daftar Pemilih Tetap (DPT).
Ketua KPU Kabupaten Batang, Adi Pranoto menyampaikan, sebanyak seratus ribuan pemilih pemula khususnya pelajar SMA dan SMK telah tercatat di DPT, sehingga sudah memiliki hak pilih.
"Target parisipasi pemilih pemula di Kabupaten Batang yang sudah kita tetapkan sebesar 87 persen," ungkap Adi.
Adi mengatakan, KPU hari ini serentak melakukan sosialisasi Pilkada 2017 di 55 SMA dan SMK se- Kabupaten Batang, tujuanya untuk memberikan pengetahuan dan tata cara pencoblosan untuk meningkatkan partisipasi pemilih pemula di kalangan remaja.

Dijelaskan, dari 800 jumlah siswa di SMA 1 Batang, 250 siswa diantaranya sudah berusia diatas 17 tahun dan sudah memiliki KTP, sehingga sudah berhak memiliki hak pilih.

Dari jumlah siswa yang sudah memiliki KTP maupun yang berusia diatas 17 tahun didominasi kelas XII, sehingga siswa yang memiliki hak pilih bisa menggunakan hak pilihnya dengan cerdas dan bijak karena akan menentukan nasib rakyat Kabupaten Batang lima tahun kedepan.
"Nantinya juga, para pelajar ini terutama yang sudah terdaftar di DPT asal bisa mengikuti pencoblosan dan bila belum terdaftar bisa menggunakan syarat KTP untuk melakukan pencoblosan," terangnya.
Sementara itu, Theodora Nida (17 th), salah satu siswi kelas XII IPS, SMA 1 Batang mengaku tidak begitu tahu soal Pilkada Batang 2017 tersebut, namun dengan adanya sosialisasi sedikit banyak bisa  mendapatkan pengetahuan baru.
Kendati demikian dengan agak malu-malu, Theodora mengaku tidak mengenal para kandidat calon Bupati dan Wakil Bupati Batang yang akan bertarung dalam Pilkada nanti.
"Saya tidak tahu, hanya satu nama yang saya ingat karena sering lihat balihonya di mana-mana," ungkap Theodora.
Sebagai pemilih pemula atau akan menjadi pertama kali memiliki hak pilih, dirinya mengatakan akan tetap mencoblos walau tidak mengenal para paslon.
"Saya akan gunakan hak pilih untuk memilih salah satu diantara empat pasangan calon," ujarnya.

Post a Comment Blogger

 
Top